35.828 Orang Warga Bengkalis Jadi Peserta Integrasi JKN

id 35828 orang, warga bengkalis, jadi peserta, integrasi jkn

35.828 Orang Warga Bengkalis Jadi Peserta Integrasi JKN

Bengkalis (Antarariau.com) - Kuota peserta integrasi program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, tahun 2017 sebanyak 35.828 jiwa.

"Jumlah itu berdasarkan SK Bupati, untuk masyarakat miskin kurang mampu se-Kabupaten Bengkalis," kata Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis H Moh Syukri di Bengkalis, Selasa.

Ia mengatakan, selain 35.828 jiwa yang kepesertaannya sepenuhnya ditanggung APBD, ada kuota JKN yang bersumber dari APBN sebanyak 115.012 jiwa.

Jumlah jiwa yang masuk dalam kedua kuota, yakni kuota APBN dan APBD, sudah 25 persen dari total jumlah masyarakat Kabupaten Bengkalis yang terdata saat ini.

Dia melanjutkan, hingga saat ini peserta yang sudah terdaftar di BPJS sebanyak 30.660 jiwa dan menurutnya jumlah tersebut akan terus berkembang.

"Jadi untuk target, kami memang diberi waktu hingga tahun 2019, dan dari kuota itu kami berharap total dari keseluruhan baik mampu dan tidak mampu seluruhnya sudah masuk ke BPJS, dan untuk kategori mampu agar masuk ke BPJS Mandiri dengan membayarkan iuran per bulannya ke BPJS," kata dia.

Ia menjelaskan, untuk pengintegrasian program Jamkesmasda ke JKN dengan BPJS tersebut sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami sudah melakukan sosialisasi melalui puskesmas, media massa, dan kami juga telah menyurati pihak kecamatan," katanya lagi. (ADV)