Menko Polhukam Kirim TNI Untuk Jaga Perbatasan Pulau Terluar Indonesia

id menko polhukam, kirim tni, untuk jaga, perbatasan pulau, terluar indonesia

Menko Polhukam Kirim TNI Untuk Jaga Perbatasan Pulau Terluar Indonesia

Jakarta (Antarariau.com) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berencana mengerahkan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke kawasan perbatasan, untuk menjaga wilayah terluar Indonesia tersebut.

"Indonesia punya garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada, garis pantai ini yang menjadi perbatasan negara, tapi kalau dilihat kita lemah dalam penjagaan di sana," ujar Wiranto di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa.

Padahal, lanjutnya, daerah pinggiran itu yang menjadi pintu masuk narkoba dan barang-barang ilegal, bahkan juga teroris.

Oleh karena itu, Wiranto berencana mengirim pasukan TNI ke pulau-pulau terluar guna mencegah kejahatan masuk, dan untuk melindungi negara selayaknya fungsi TNI.

"Pinggiran itu, kalau tidak dijaga oleh kekuatan militer pasti rusak dan dinikmati pihak lain. Kalau sudah ada militer ini, mereka akan berfikir lagi, dan tidak bisa seenaknya masuk," jelasnya.

Mantan Panglima TNI ini juga menjelaskan ancaman yang dihadapi negara saat ini, bukan lagi terkait invasi militer atau pun aneksasi negara, namun sudah berpindah kepada ajaran terorisme, radikalisme, dan separatisme.

"Kalau kita masih mempertahankan TNI dengan kondisi seperti saat ini, padahal ancamannya sudah berbeda, maka akan membahayakan negara," tuturnya.