Tergetkan Pemilih 77,5 Persen, KPU Pekanbaru Tarik Minat Pemilih Perempuan

id tergetkan pemilih, 775 persen, kpu pekanbaru, tarik minat, pemilih perempuan

Tergetkan Pemilih 77,5 Persen, KPU Pekanbaru Tarik Minat Pemilih Perempuan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru menyosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 kepada kaum perempuan untuk mencapai tingkat partisipasi pemilih sesuai target minimal sebanyak 77,5 persen.

"Dengan sosialisasi ini, KPU berharap pemilih perempuan dalam setiap Pemilu selalu tercatat partisipasinya tinggi dapat turut menjaga Pilkada di Pekanbaru agar berintegritas," kata Ketua KPU Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya di Pekanbaru, Rabu.

Ia memaparkan sosialisasi yang digelar di Kantor KPU Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad berlangsung 17-19 Februari 2017 dihadiri perwakilan organisasi perempuan dari berbagai elemen, tokoh masyarakat, tokoh agama, kaum difabel dan pemilih pemula.

KPU Kota Pekanbaru menggandeng peserta sosialisasi yang terdiri dari para mubalighah, bloger, buzzer, penggiat dan pekerja media serta kaum difabel di Pekanbaru. Sedangkan materi sosialisasi mengenai jenis-jenis pemilih, tahapan pelaksanaan Pilkada 2017 dan aturan Pilkada secara umum.

"Diharapkan Pemilih perempuan dapat jadi pendorong antusiasme masyarakat untuk memilih dan menyukseskan Pilkada 2017 untuk kemajuan daerah," ujarnya.

Ia optimistis target tersebut tercapai dan bahkan diharapkan lebih. Hal itu mengacu pada banyaknya jumlah pasangan sebagai peserta Pilkada 2017 sehingga memberikan ruang luas bagi masyarakat untuk menentukan pilihan.

"Dengan semakin banyak calon, kami optimis bisa menambah tingkat partisipasi pemilih, kami yakin target itu bisa tercapai," kata Amiruddin.

Pilkada Kota Pekanbaru 2017 diikuti lima paslon. Berdasarkan nomor urut yakni Syahril-Said Zohrin, Herman Nazar-Defi Warman, Firdaus-Ayat Cahyadi, Ramli-Irvan Herman dan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah.

Oleh: Diana Syafni