PLT Wako Pekanbaru: Kita Fokuskan Pada Pencegahan Daripada Penindakan Pungli

id plt wako, pekanbaru kita, fokuskan pada, pencegahan daripada, penindakan pungli

PLT Wako Pekanbaru: Kita Fokuskan Pada Pencegahan Daripada Penindakan Pungli

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, akan mengukuhkan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) pascapembentukan Sekretariat Bersama Saber Pungli dengan Polresta, dan Kejaksaan Negeri setempat

"Hari ini kita bentuk Sekretariat Bersama Saber Pungli dengan Polresta Pekanbaru dan Kejari Pekanbaru," kata Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru, Edwar Sanger di Pekanbaru.

Edwar mengatakan sebenarnya Tim Saber Pungli di Pekanbaru sudah mulai bertugas seketika dengan adanya surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu.

Hanya saja, Edwar menilai perlu adanya legalitas hingga pembentukan Saber Pungli bersama Polri dan Kejaksaan harus dilakukan.

Setelah pertemuan ini, Tim Saber Pungli akan segera dikukuhkan pada pekan depan.

"Insya Allah Senin atau Selasa pekan depan kita kukuhkan," ujarnya.

Menurut Edwar, saat ini Pemkot Pekanbaru sudah menerima sejumlah laporan ada pungli saat masyarakat mengurus administrasi.

Ia menyesalkan pungli yang dilakukan bawahannya. Dia berharap dengan adanya tim Saber Pungli hal itu tidak akan kembali terulang.

"Target saya banyak pencegahan daripada penindakan. Caranya sosilisasi bersama-sama. Penekanan dari awal, jangan lakukan pungli," tegasnya.

Jajaran Polda Riau dalam beberapa waktu terakhir mengungkap sejumlah aktivitas pungli di Kota Pekanbaru, antara lain di kawasan terminal, dan pengurusan surat keterangan ganti rugi (SKGR) yang diduga dilakukan oleh oknum lurah di Pekanbaru.