Pusdatin Puanri Inhil Luncurkan Buku Tokoh Perempuan

id pusdatin puanri, inhil luncurkan, buku tokoh perempuan

Pusdatin Puanri Inhil Luncurkan Buku Tokoh Perempuan

Tembilahan (Antarariau.com) - Bertepatan dengan rangkaian kegiatan hari ulang tahun Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau (Pusdatin Puanri) cabang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau yang ke-3, ketua Pusdatin Puanri Inhil, Zulaikhah Wardan Launching buku profil perempuan yang duduk sebagai anggota legislatif DPRD dan sebagai pimpinan SKPD.

"Kiprah kaum perempuan dalam pembangunan sangatlah diperlukan. Untuk itulah kaum perempuan hendaknya mengambil peran strategis dalam proses pembangunan, sehingga kaum perempuan mendapatkan hak dasarnya sebagai manusia yang mulia. Dengan keterlibatan kaum perempuan, maka kepentingan kaum perempuan akan lebih terwakili, dan lebih dari itu, kebijakan-kebijakan yang muncul akan mencerminkan suatu kebijakan yang berorientasi pada kesetaraan dan keadilan gender," terang Ketua Pusdatin Puanri cabang Kabupaten Inhil, Zulaikhah Wardan di Tembilahan, Rabu.

Pelaksanaan peringatan hari ulang tahun Pusdatin Puanrri yang ke-3 dengan mengusung tema "Dengan pengelolaan data perempuan kita tingkatkan sumber daya perempuan" ini digelar di gedung Engku Kelana Kota Tembilahan dan turut dihadiri oleh unsur Forkompimda, Ketua dan Anggota Organisasi Wanita.

Selain melaunching buku profil perempuan Legislatif dan pimpinan SKPD Inhil, kegiatan juga dirangkai dengan penampilan fashion show daur ulang dari berbagai bahan mulai dari plastik, kertas koran, sisa-sisa potongan kain atau perca, serta anyaman sabut kelapa yang dikombinasi dengan kain batik yang ditampilkan oleh pragawati cilik dan selanjutnya ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng.

Peluncuran buku ini merupakan salah satu prestasi dan kinerja Pusdatin Puanri cabang Inhil yang berisikan tentang sosok perempuan-perempuan Inhil yang berkiprah dalam dunia pemerintahan baik legislatif maupun eksekutif, yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan di kabupaten Inhil disamping berbagai kegiatan lainnya yang telah dilakukan selama kurun waktu tiga tahun.

"Saya berharap buku ini selain dapat menambah wawasan bagi siapa saja yang membacanya, juga dapat memberikan motivasi dan inspirasi terutama bagi perempuan inhil melalui profil sosok perempuan-perempuan yang telah berhasil berkiprah khususnya dalam dunia pemerintahan serta berperan dan berkontribusi dalam pembangunan," ujarnya.

Pusdatin puanri cabang Inhil selama tiga tahun terakhir telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya melakukan peluncuran buku profil istri bupati dari masa kemasa, dengan judul "seribu ketulusan perempuan untuk negeri seribu parit nan rupawan" pada milad ke-1 pusdatin puanri pada tanggal 5 februari 2015, dan peluncuran buku penjaringan perempuan-perempuan berprestasi di kabupaten Inhil dan telah berjasa pada masing-masing bidang tugasnya, yang berjudul "perempuan menyemai kasih untuk negeri gemilang" tepat pada ulang tahun ke-2 pusdatin puanri pada tanggal 12 januari 2016 dan terakhir buku profil perempuan Legislatif dan pimpinan SKPD Inhil.

"Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh perempuan-perempuan hebat namun tetap bersahaja yaitu perempun legislatif sebanyak 39 orang dan untuk perempuan yang menduduki jabatan sebagai kepala SKPD atau yang sederajat sebanyak enam orang, yang menjadi narasumber penyusunan buku ini, yang telah berkenan meluangkan waktu serta memberikan informasi sesuai yang diharapkan, serta kepada tim penyusun dan penyunting yang telah melakukan kajian dan pengumpulan data, sehingga penyusunan buku ini dapat diselesaikan," ucapnya. (ADV)

Oleh: Adriah Akil