Diskominfo Dan Humas Inhil Bertemu Dengan Media Bahas Batasan Tugas

id diskominfo dan, humas inhil, bertemu dengan, media bahas, batasan tugas

Diskominfo Dan Humas Inhil Bertemu Dengan Media Bahas Batasan Tugas

Tembilahan (Antarariau.com) - Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik dan Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau menggelar silaturrahmi dengan sejumlah awak media guna memperjelas batasan tugas yang diemban Kominfo dan Humas Setda Inhil, Rabu (18/1).

Bertempat di kantor Gemilang Televisi (GTV) Inhil, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Inhil Muhammad Wardan dirangkai dengan sesi tanya jawab dari awak media.

"Saat ini ada dua instansi yang berhubungan dengan publikasi, yakni Dinas Kominfo dan Bagian Humas Setdakab, maka dengan begini hubungan Pemkab dengan para wartawan akan semakin baik," kata Bupati Inhil dalam sambutannya, di Tembilahan, Rabu.

Ia mengatakan, sangat berharap, melalui kegiatan publikasi ini, segala kebijakan Pemkab Inhil akan semakin diketahui oleh masyarakat luas.

"Melalui penyebaran informasi ini pula, saya berharap adanya kritikan dan saran untuk mendukung agar pembangunan di Kabupaten Inhil lebih baik lagi," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, peran media dalam melakukan penyebaran informasi hendaknya terlaksana sebagaimana fungsinya.

Bupati Inhil menegaskan, kedepan, Ia akan membentuk suatu ruangan untuk difungsikan sebagai balai wartawan. Yang mana di sana nantinya wartawan akan difasilitasi agar lebih mudah membangun komunikasi bersama pemerintah kabupaten maupun antar wartawan itu sendiri, diantaranya dengan mengadakan 10 unit komputer di ruang yang tersedia nantinya.

Dalam kesempatan sesi tanya jawab ini pula, sejumlah wartawan mengeluarkan kritikan dan saran, khusunya terkait sulitnya memperoleh data sebagai bahan untuk dikemas menjadi sebuah berita.

Selain itu, pemerintah juga dituntut untuk lebih memperhatikan kearifan lokal. Hal ini demi keberlangsungan kerjasama yang baik khusunya dalam menyebar informasi kepemerintahan.

Menanggapi hal itu, Bupati Wardan menyatakan sudah menyampaikan kepada Kepala SKPD untuk lebih terbuka kepada wartawan. Tidak ada kata alergi terhadap wartawan, karena pemerintah dan wartawan adalah mitra yang saling membutuhkan.

"Kita upayakan pembentukan perwakilan dari masing-masing SKPD yang nantinya akan berkoordinasi dengan Diskominfo, Persandian dan Statistik supaya para wartawan tidak bingung ketika mencari data yang diperlukan," katanya.

Terakhir Ia menegaskan, kedepan, segala sesuatu yang berkaitan dengan data akan dipusatkan di Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik, sedangkan Humas dan keprotokolan mengemban tugas terkait dengan segala sesuatu yang melekat kepada diri bupati.

Kegiatan silaturahmi yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, M Thaher, Kabag Humas Setdakab Inhil, Marlis Syarif dan puluhan awak media di Inhil berlangsung harmonis. Kedepan Bupati Wardan menyarankan untuk mencari waktu luang agar kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali dengan lebih santai misalnya seperti kegiatan coffee morning. (ADV)

Oleh: Adriah Akil