Targetkan 30 Sekolah Laksanakan UNBK 2017, Ini Stategi Disdik Pekanbaru

id targetkan 30, sekolah laksanakan, unbk 2017, ini stategi, disdik pekanbaru

Targetkan 30 Sekolah Laksanakan UNBK 2017, Ini Stategi Disdik Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menargetkan 30 sekolah menengah pertama (SMP) di ibu kota Provinsi Riau tersebut menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2017.

"Target kita 30 persen dari 110 sekolah. Minimal dapat 30 sekolah (menggelar UNBK) sudah bagus tahun ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan Disdik Kota Pekanbaru pada 2017 ini fokus melaksanakan UNBK di SMP. Hal ini menyusul kebijakan pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai Januari 2017.

Berdasarkan data Disdik Pekanbaru, tercatat sebanyak 110 SMP di Kota Bertuah itu. Dia mengatakan UNBK tidak akan dilaksanakan di seluruh SMP tersebut.

Karena, pada dasarnya hanya ada empat SMP yang siap menggelar UNBK pada Mei 2017. Ke empat sekolah itu adalah SMP 1, Cendana, Babussalam dan Darmayudha.

Sementara itu, sebagai upaya mencapai target 30 sekolah yang menggelar UNBK tahun ini, dia mengatakan akan membuat kebijakan khusus. Yakni menumpangkan siswa SMP ke sekolah SMA terdekat yang memiliki fasilitas menggelar UNBK.

Saya rasa banyak SMA di Pekanbaru yang menggelar UNBK. Mereka akan ditumpangkan di sekolah terdekat. Ini yang akan kita bahas pada rapat koordinasi mendatang," jelasnya.

Lebih jauh, ia tidak mengkhawatirkan psikologis siswa-siswi SMP yang menggelar UNBK dengan cara menumpang itu.

"Secara psikologis tidak ada masalah. Ini kan UNBK, nanti kita atur, tidak ada pengawas, hanya operator kan," tuturnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan uji coba UNBK akan segera dilakukan pada Februari 2017.