45 Rumah Di Siak Terima Bantuan Perbaikan Akibat Bancana

id 45 rumah, di siak, terima bantuan, perbaikan akibat bancana

45 Rumah Di Siak Terima Bantuan Perbaikan Akibat Bancana

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau memberikan bantuan perbaikan rumah warga yang rusak akibat bencana alam, yang terjadi sepanjang 2016 seperti kebakaran, banjir, longsor dan angin puting beliung.

"Pada tahun 2016 ada sebanyak 45 rumah warga yang terdampak akibat bencana alam. 25 diantaranya dibantu pemerintah kabupaten Siak untuk perbaikan. Dimana jumlah itu berdasarkan proposal yang masuk ke dinas sosial," kata Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Kabupaten Siak, M. Indra Kurniawan di Siak, Kamis.

Indra mengatakan, dari 45 rumah tersebut 14 diantaranya dinyatakan rusak total, delapan rumah rusak berat, 20 rumah rusak sedang dan tiga rusak ringan, yang terdiri dari 27 kasus kerena kebakaran, dan selebihnya disebabkan oleh banjir, angin puting beliung dan longsor.

Ada empat krateria bentuk bantuan yang diberikan akibat bencana alam ini. Kategori kerusakan ringan dibantu senilai Rp2,5 juta, kerusakan sedang Rp5 juta, kerusakan berat mendapatkan Rp7,5 juta dan rusak total akan dibantu Rp10 juta. Sementara total bantuan yang digelontarkan pada tahun 2016 untuk rumah terdampak bencana alam tersebut sebesar Rp197.500.000.

"Sedangkan untuk warga yang rumahnya terdampak oleh kebakaran, akan dikoordinasi langsung oleh bidang Damkar Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Meskipun begitu tetap pengajuan proposalnya kepada Dinsos," ungkapnya.

Dia katakan lagi, masyarakat dapat mengajukan proposal ke dinas sosial untuk perbaikan rumah yang rusak akibat bencana alam. Bantuan tersebut adalah bentuk perhatian pemerintah daerah pada masyarakat terkena dampak musibah yang ada di wilayah setempat.

"Pemerintah kabupaten Siak memang menganggarkan dana tidak terduga setiap tahunnya, salah satunya untuk korban yang tertimpa bencana alam. Syarat mendapatkannya warga harus mengajukan proposal ke dinas sosial. Itu hanya khusus bantuan untuk perbaikan rumah, sedangkan bantuan lain seperti sembako, obat-obatan dan lainnya juga tetap disalurkan," sebutnya.

Sebelumnya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat berada di Rejanglebong, Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa korban bencana alam bisa mengajukan bantuan karena pihaknya sudah menyiapkan bantuan tersebut senilai Rp35 juta per orangnya.

Oleh: Nella Marni