Karhutla Mulai Mengancam, Polsek Bengkalis Giatkan Patroli Keliling Desa

id karhutla mulai, mengancam polsek, bengkalis giatkan, patroli keliling desa

Karhutla Mulai Mengancam, Polsek Bengkalis Giatkan Patroli Keliling Desa

Bengkalis (Antarariau.com) - Jajaran Kepolisian Sektor Bengkalis, bersama jajaran Danramil 01 Bengkalis, Provinsi Riau, melakukan patroli keliling desa guna memantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah itu.

Kalpolsek Bengkalis, AKP Syafril Thalip di Bengkalis, Kamis, mengatakan patroli tersebut dilakukan guna mencegah kebakaran hutan dan lahan yang dikhawatirkan terjadi, memasuki musim kering di awal tahun ini.

"Dilapangan, kita mengingatkan masyarakat yang masih membersihkan lahan dengan cara membakar, untuk jangan membakar, serta kita juga mengingatkan denda atau hukuman akibat dari kebakaran yang dilakukan," ujar Kapolsek Bengkalis, AKP Syafril Thalip.

Dia mengatakan, dari apa yang dilihat dari lapangan, menurut dia masih banyak masyarakat yang belum tahu betul terhadap bahaya kebakaran dan resiko akibat dari kebakaran.

"Yang saya lihat, setelah membakar, ketika mereka pulang tidak di padamkan, sehingga api menyebar kemana mana, saat patroli kita menemukan beberapa warga yang membuka lahan dengan cara membakar, kita sudah memberikan peringatan keras kepada warga tersebut, jangan membuka lahan dengan membakar, dan kita langsung meminta mereka untuk memadamkannya," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu juga, dia mengimbau seluruh warga di wilayah hukum Polsek Bengkalis untuk jangan coba-coba membuka lahan dengan cara di bakar, terlebih lagi di lahan gambut yang susah dipadamkan jika sudah terjadi kebakaran.

"Apapun alasannya jangan membakar," katanya.