Lelang Jabatan Pemkab Meranti Melibatkan Tim Dari Polda Riau

id lelang jabatan, pemkab meranti, melibatkan tim, dari polda riau

Lelang Jabatan Pemkab Meranti Melibatkan Tim Dari Polda Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Meranti secara resmi menyatakan menggunakan tim asesor Polda Riau untuk menjadi penguji pada proses lelang Jabatan Tinggi Pratama Eselon II dan II di wilayah setempat.

"Jika tidak ada halangan 20 Januari 2017 proses lelang jabatan akan kita mulai," kata Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Meranti Widodo, di Meranti lewat surat elektroniknya kepada antara, Kamis.

Menurut Widodo kepastian ini diperoleh setelah adanya penandatangan kerjasama antara Pemkab Meranti dan Polda Riau di Pekanbaru Kamis pagi yang dihadiri Wakil Bupati Meranti Said Hasyim dan Karo Kombespol. Benny Subandi SIK M.Si.

Widodo menjelaskan selanjutnya Pemkab Meranti akan mengumumkan nama-nama pejabat yang terdaftar untuk mengikuti lelang jabatan.

Setelah pengumuman dikeluarkan maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan seleksi oleh tim asessor Polda Riau yang rencananya akan digelar di Pekanbaru.

"Adapun jabatan yang dilelang adalah Eselon II, dan III yang memenuhi syarat dengan jumlah posisi kurang lebih 50 orang," terangnya.

Disisi lain Wakil Bupati Meranti Said Hasyim menjelaskan, pelaksanaan lelang jabatan yang akan digelar oleh Pemkab Meranti,sesuai amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU-ASN) Nomor 5 Tahun 2014 dan Permenpan Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi Pemerintah.

Sekaligus keinginan dari Pemkab sendiri untuk mencari pejabat yang bertangung jawab dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Serta tidak kalah penting tidak terjadi cacat hukum dalam pengisian Jabatan Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab. Meranti.

Diharapkan dengan pelaksanaan lelang jabatan ini dapat menghasilkan Pimpinan yang berkwalitas dan mampu melaksanakan tugas.

"Kita berharap pejabat yang terpilih nanti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Meranti sebagai Kabupaten baru, bisa menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Karo SDM Polda Riau Kompespol. Benny Subandi mengakui, sangat mengapresiasi keinginan Pemkab Meranti, menggelar seleksi terbuka untuk mengisi pejabat yang akan menempati Jabatan Tinggi Pratama.

Dengan lelang ini diyakini proses seleksi akan berjalan Independen sehingga dapat menghasilkan pejabat yang memiliki kompetensi, Integritas sesuai yang diharapkan.

Menurut Benny melalui lelang jabatan dapat diketahuiprofil dan karakter pejabat dalam menjalankan tugas pokoknya, sekaligus menggali potensi dan kompetensi yang ada.

"Asessor Polda Riau akan memberikan penilaian secara objektif dan akan berusaha memotivasi pejabat sehingga mampu melaksanakan tupoksinya dengan lebih optimal," terangnya.

"Asesor kita bukan saja melakukan seleksi kepada calon Pejabat Tinggi Pratama tetapi juga akan memotivasi sehingga ia mampu menjalankan Tupoksi dengan lebih baik," katanya menambahkan.

Ia menambahkan secara umum materi uji yang akan diterapkan meliputi kemampuan berfikir, pengelolaan diri, kemampuan mengelola orang lain, mengelola tugas, komunikasi, perencanaan, pengambilan keputusan dan lainnya.