Akhirnya Kebakaran 10 Hektare Lahan Di Siak Berhasil Diatasi

id akhirnya kebakaran, 10 hektare, lahan di, siak berhasil diatasi

Akhirnya Kebakaran 10 Hektare Lahan Di Siak Berhasil Diatasi

Siak (Antarariau.com) - Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyampaikan ada seluas 10 hektar lebih lahan masyarakat di dusun Pusako, Kecamatan Pusako yang terbakar, dan sudah berhasil dipadamkan oleh tim pemadam gabungan.

"Kami tim pemadaman gabungan langsung terjun kelapangan setelah menerima laporan dari Satgas Balarhutla yang bertugas di desa itu. Mereka langsung melaporkan usai menemukan lahan terbakar cukup luas saat patroli," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Kabupaten Siak Irwan Priyatna di Siak, Kamis.

Dia katakan, tim gabungan yang terdiri dari Damkar BPBD Siak, BPBD kecamatan Pusako, Manggala Agni Siak, tujuh Satgas Desa, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI, dan Polri berhasil menjinakkan api setelah berjibaku dari pagi di lapangan. Bahkan dua helikopter milik PT Arara Abadi (Sinarmas Group) juga diturunkan untuk pemadaman dari udara.

Ia juga menjelaskan bahwa tim darat bersama TNI dan polisi sempat kesulitan memadamkan api, sehingga PT Arara Abadi menerjunkan dua helikopter untuk pemadaman dari udara, karena mereka khawatir api meluas ke lahannya.

"Untuk penyebab kebakaran apakah disengaja atau faktor lainnya, belum bisa kami pastikan, karena pihak kepolisian pun masih tengah menyelidikinya," lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Jumat besok (20/1) akan kembali melanjutkan pengeboman air (water bombing) untuk pendinginan, sekaligus untuk memastikan api sudah benar-benar padam seutuhnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mulai mendeteksi munculnya titik-titik panas yang mengindikasi adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau dalam sepekan terakhir.

Titik panas menyebar di kabupaten Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Inderagiri Hilir.

Pemerintah Provinsi Riau menyatakan segera akan menetapkan status siaga darurat Karhutla sebagai upaya memaksimalkan pencegahan dan penanggulan bencana tahunan tersebut.

Sementara itu sudah ada dua wilayah di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla yakni kabupaten Rokan Hulu dan Kota Dumai.

Oleh: Nella Marni