IPKB BKKBN Riau Akan Kembali Aktif

id ipkb bkkbn, riau akan, kembali aktif

IPKB BKKBN Riau Akan Kembali Aktif

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau memperkuat kolaborasi dengan pers di daerah itu untuk mengaktifkan kembali Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Riau periode kepengurusan 2017-2022.

"Kepengurusan IPKB periode lima tahun ke depan itu akan melibatkan sejumlah jurnalis dari media cetak, elektronik, dan on line guna mendukung koordinasi kemitraan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Yenrizal Makmur, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, koordinasi kemitraan yang diharapkan adalah terbangunnya kolaborasi antara BKKBN dengan penulis berasal unsur pers itu dalam mensosialisasikan dan menginformasikan program KKBPK.

Ia mengatakan, pembangunan keluarga akan berjalan dengan baik jika masyarakat diedukasi tentang bagaimana cara-cara menekan angka kematian ibu hamil melahirkan, pemberian ASI ekslusif guna menciptakan anak yang sehat dan berkualitas.

"Pembangunan keluarga berkualitas juga bisa dicapai melalui pendewasaan usia perkawinan, program bina keluarga remaja, bina keluarga balita, bina keluarga lansia dan lainnya,"katanya.

Para penulis yang tergabung dalam IPKB katanya, ke depan bisa banyak berkarya menulis tentang program KB dan bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi melalui Koalisasi Kependudukan, Forum antar umat peduli Kependudukan yang beranggotakan lintas agama dan tokoh agama.

Bahkan ada hal-hal yang menarik yang bisa menjadi tulisan misalnya pembangunan Kampung KB di desa terpencil, kegiatan pelatihan dan lainnya. Pada kesempatan itu Yenrizal Makmur lebih berharap IPKB akan mengeluarkan satu suara dalam tiap pemberitaan dan jika pers lain yang meminta informasi tentang pemberitaan BKKBN harus memintanya pada IPKB.

Keberadaan IPKB --akan segera diperkuat legalitasnya melalui penerbitan SK Kepala BBKN Perwakilan Provinsi Riau --itu, kini didukung oleh para pembina dari BKKBN Riau yakni Muhamamad Isnaeni Sekretaris Kepala BKKBN Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Joniwar Kepala Bidang Advokasi Pergerakkan dan Informasi, Said Masri Kabid Pengendalian Kependudukan serta didukung Mery Elya Kasubag Umum dan Humas Kantor BKKBN Perwakilan Provinsi Riau.

Pengukuhan IPKB akan digelar dalam rangkaian acara rapat koordinasi daerah program KKBPK Provinsi Riau pada Februari 2017di Pekanbaru yang dimungkinkan akan turut dihadiri Kepala IPKB Pusat.

Sementara itu struktur kepengurusan IPKB adalah Ketua Elvy Chandra (wartawan Riau Pos), Wakil Ketua Frislidia (wartawan Antara), Sekertaris Renny Rahayu (Haluan Riau), Bendahara Unik Susanti (Metro Riau) didukung sejumlah wartawan lainnya di daerah itu.