Marugame Udon, Kuliner Jepang yang Halal di Pekanbaru

id marugame udon, kuliner jepang, yang halal, di pekanbaru

Marugame Udon, Kuliner Jepang yang Halal di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Marugame Udon secara resmi membuka outlet mereka di Jl Sudirman No.125, Kota Pekanbaru, pada Jumat (20/1). Restoran ini menyajikan kuliner Jepang dengan konsep menarik, dan yang terpenting adalah mereka sudah mendapat pengakuan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kami sudah mendapat pengakuan halal dari MUI sejak 2015," kata GM Marugame Udon, Hajime Kandoh, kepada Antara.

Pria asli Jepang ini memang ditugaskan oleh Toridoll Corporation, induk perusahaan Marugame Udon, menjadi "quality control" produk mereka ketika melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Melalui kerjasama dengan PT Sriboga Ratu Raya, sebagai pemenang lisensi waralaba untuk Indonesia, mereka ingin memastikan bahwa semua produk kuliner yang disajikan tetap bercita rasa Jepang dan halal untuk orang Indonesia, yang mayoritas muslim.

"Butuh dua tahun untuk riset dan pengembangan. Kita ganti semua bahan yang tidak halal, dan akhirnya ada bahan pengganti yang tetap tidak mengubah rasa seperti yang ada di Jepang," katanya.

Harga makanan dan minuman cukup terjangkau, mulai dari Rp34 ribu untuk menu mie udon, Rp8.000 untuk tempura, Rp12 ribu untuk minuman dan Rp8.000 untuk "desserts", serta Rp5.000 untuk extra order. Pengunjung juga mendapatkan gratis isi ulang untuk minuman Ocha (teh hijau) dan lemon tea.

Marugame Udon

Operasional Marugame Udon di Pekanbaru buka mulai pukul 10.00 pagi hingga 22.00 WIB.

Marugame Udon menawarkan 14 menu udon, dengan menu paling favorit adalah Niku Udon dan Beef Curry Udon. Niku Udon adalah mie udon dengan sup kake dashi dan toping lembaran daging sapi sukiyaki, sedangkan beef curry udon perbedaannya adalah menggunakan kuah kari yang kental. Menu terakhir sepertinya bakal cocok untuk lidah orang Sumatera yang sudah familiar dengan kari.

Selain itu, ada juga enam menu nasi, empat menu khusus untuk anak-anak, dan 12 pilihan menu tempura.

"Perbedaan kami dengan restoran Jepang lainnya yang sudah ada adalah kami menyajikan menu, rasa dan metode pembuatan yang otentik. Fokus kami adalah bahan baku harus selalu fresh dengan rasa otentik Jepang yang disesuaikan sedikit supaya cocok dengan lidah Indonesia," kata Hajime Kandoh.

Nilai tambah untuk restoran Marugame Udon adalah konsep dapur terbuka yang dihiasi ornamen atap khas Jepangnya. Jadi, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana cara pembuatan mie udon dari proses penggilingan adonan hingga disajikan ke mangkok. Informasinya, semua mie udon selalu dirotasi agar tetap segar, jadi setiap udon yang sudah 20 menit dibuat namun tidak dipesan, harus diganti dengan yang baru.

Selain itu, penataan arsitektur bergaya Jepang juga menjadi nilai plus sehingga ada banyak spot untuk swafoto (selfie). Begitu masuk dari pintu utama, pengunjung bisa langsung melihat gambar layangan tradisional Jepang bergaya pop-art menghiasi dinding.

Kelemahan dari restoran Marugame Udon di Pekanbaru adalah terbatasnya area parkir kendaraan. Untuk kapasitas restoran yang mampu menampung hingga 150 orang, tidak sebanding dengan lahan parkirnya karena berada pada satu area yang sama dengan outlet Pizza Hut disebelahnya.