Dalam Tiga Tahun Terakhir, Populasi Ternak Sapi Siak Meningkat Tajam

id dalam tiga, tahun terakhir, populasi ternak, sapi siak, meningkat tajam

Dalam Tiga Tahun Terakhir, Populasi Ternak Sapi Siak Meningkat Tajam

Siak (Antarariau.com) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyebutkan populasi ternak sapi di daerah itu meningkat selama tiga tahun berturut-turut.

Kepala Bidang Pengembangan Produksi Peternakan Dinas Perternakan dan Perikanan Siak, Muhammad Wahiduddin di Siak mengatakan, populasi ternak sapi meningkat sebanyak 2.195 ekor pada 2016 menjadi 22.500 ekor dari 20.305 ekor sebelumnya.

"Meskipun dilihat dari angka peningkatannya masih bisa dikatakan tipis, namun pada tahun 2016 juga ada sebanyak 2.500 ekor sapi yang dipotong," kata Muhammad Wahiduddin di Siak, Jumat.

Jumlah ternak sapi di Siak pada tahun 2013 berjumlah 9.000 ekor, meningkat tajam dua tahun terakhir, hingga menjadi 22.500 ekor tahun 2016.

"Peningkatan jumlah populasi ternak sapi menunjukan kinerja positif sehingga secara perlahan Siak tumbuh menjadi salah satu daerah yang dilirik kabupaten lain dalam program sapi bali," ucapnya.

Sedangkan angka kelahiran ternak sapi pada tahun 2016, kata Wahid, ada sebanyak 2.300 ekor baik secara alami maupun dengan program gertak birahi dan inseminasi buatan (GB-IB).

"Meningkatnya jumlah populasi sapi tersebut karena dioptimalkan dengan inseminasi buatan (IB) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Siak," pungkasnya.

Dia tambahkan Siak juga miliki 311 kelompok ternak, yang terdiri dari 2.661 rumah tangga, dan tersebar di 14 kecamatan Kabupaten Siak.

Sedangkan khusus untuk kelompok pembibitan sapi Bali saat ini telah terbentuk 35 kelompok yang tersebar di empat kecamatan, Kabupaten Siak yaitu Kecamatan Kerinci Kanan, Lubuk Dalam, Dayun dan Koto Gasib.

Berasal dari berbagai sumber dana seperti APBN, APBD Provinsi Riau, APBD Kabupaten Siak, Corporate Social Responsibility (CSR), Badan Amil Zakat Kabupaten Siak, Perbankan Melalui Kredit Ketahanan Pangan Dan Energi (KKPE), dan Pendampingan Dari Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2013, pihaknya dapat bantuan bibit sapi dari APBN sebanyak 1.200 ekor. Bantuan dari APBN tahun 2014 sebanyak 90 ekor dan APBD Siak sebesar 280 ekor. Sementara pada tahun 2015, akumulasi bantuan sapi dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Siak sebanyak 610 ekor.

Oleh: Nella Marni