Hari Keempat Proses Pelipatan, Ratusan Surat Suara Ditemukan Rusak!

id hari keempat, proses pelipatan, ratusan surat, suara ditemukan rusak

Hari Keempat Proses Pelipatan, Ratusan Surat Suara Ditemukan Rusak!

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru menemukan 121 lembar surat suara pemilihan kepala daerah setempat yang rusak dengan berbagai kategori memasuki hari ke-4 proses pelipatan.

"Hingga hari ini total surat suara yang dilipat ada 355.600 lembar dengan jumlah yang rusak 121 lembar," kata Ketua KPU Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya kepada antara di Pekanbaru, Jumat.

Amiruddin menjelaskan jenis kerusakan surat suara bervariasi ada yang terpotong gambar bakal calonnya, ada yang tidak memiliki judul diatas gambarnya, ternoda tinta, hingga robek pada salah satu bagian gambar balon.

"Jadi bukan tercoblos, tetapi robek atau berlubang pada salah satu gambar balon," terang Amiruddin Sijaya lagi.

Ia menyebutkan proses pelipatan Pelipatan 587.192 ini akan terus berlangsung hingga tuntas dan tiap harinya direkapitulasi berapa yang sudah dilipat, serta yang rusak.

Totalnya akan dilaporkan ke pihak percetakkan untuk kemudian diganti. Begitu pula jika terjadi kekurangan. KPU akan membuatkan berita acara jumlah kekurangan sehingga percetakkan bisa mengirim sesuai kebutuhan.

"Kurang, berlebih atau rusak semuanya akan segera kita tindak lanjuti. Untuk surat suara rusak, kita akan bakar, begitu juga surat suara yang berlebih. Ini disaksikan langsung oleh Panwas dan Polisi. Termasuk jika nantinya ada kekurangan surat suara. Kita akan memberitahui dulu kepada Panwas dan polisi agar tidak terjadi kesalahpahaman," ucapnya pula.

Menurut dia proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Pekanbaru melibatkan 65 orang petugas dimana 32 diantaranya merupakan pegawai KPU serta 33 petugas lainnya dari masyarakat umum dibawah pengawasan enam orang petugas Panwaslu.

Ia merinci pelipatan pada hari pertama ada 53.000 lembar dengan jumlah kerusakan 16 lembar. Di hari kedua ada 88.000 lembar yang sudah dilipat dengan jumlah yang rusak 18 lembar. Lanjut hari ketiga ada 103.000 yang dilipat dengan kerusakan 49 lembar, dan hari ini merupakan ke empat ada 111.600 lembar yang dilipat dengan kerusakan 38 lembar.

Pasca pelipatan tersebut, surat suara akan di-pack. Jelang hari H, tepatnya tiga atau dua H- pencoblosan, surat suara masih akan diinapkan di KPU. Sebelum akhirnya didistribusikan ke TPS bersama logistiknya.

Perlu diketahui penetapan jumlah pencetakan surat suara ditentukan berdasarkan rumus dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 572.029, ditambah 2,5 persen per TPS, serta ditambah 2.000 lembar cadangan untuk pemungutan suara ulang sehingga didapat total 587.192 lembar surat suara.