Hampir Rampung, Embarkasi Haji Antara Riau Akan Segera Dioperasikan

id hampir rampung, embarkasi haji, antara riau, akan segera dioperasikan

Hampir Rampung, Embarkasi Haji Antara Riau Akan Segera Dioperasikan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau menyatakan, persiapan mewujudkan Embarkasi Haji Antara sudah 70 persen, atau tinggal menunggu penetapan.

"Sudah 70 persen dengan persetujuan prinsip yang sudah ada, hanya tinggal menunggu persetujuan penetapan. Pada akhir Januari 2017 ada tim lintas kementerian ke lapangan sembari kami matangkan kesiapan 30 persen lagi dengan kabupaten/kota," kata Ahmad Syah Harrofie di Pekanbaru, Sabtu.

Pemerintah Provinsi Riau telah mencanangkan Wilayah itu menjadi Embarkasi Antara di 2017, sejumlah persiapan teknis terus dimatangkan di antaranya di bidang perhubungan, asrama penginapan jamaah, transportasi, kesehatan dan imigrasi.

Sementara untuk penganggaran, lanjut Ahmad, disediakan di dua pos yakni akomodasi penyelenggaraan, serta fasilitas, infrastruktur dan perbaikan asrama.

"Anggaran kesra senilai kurang lebih Rp7 miliar untuk konsumsi, transportasi dan akmodasi penyelenggaraan. Sedangkan untuk ciptada angka detailnya saya tidak hafal, tetapi dianggarkan lebih pada perbaikan infrastruktur asrama, listrik, pembangunan masjid dan lainya" ujarnya.

Untuk penganggaran transportasi udara, kata dia, masih sedang dicarikan formulasi sumber dananya. Ada tiga opsi yang ditawarkan yakni berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota, kedua dana dari masyarakat (calon jemaah haji/CJH) atau gabungan dari kabupaten/kota dan dana CJH.

"Ini sedang kita carikan formulasi bagaimana penganggarannya," sebutnya.

Dengan begitu, dipastikan pada 2017 Riau siap menjadi Embarkasi Haji Antara. Pada Akhir Januari ini akan dibuka pelelangannya.

"Januari ini sudah kita buka tenda lelang, konsumsi lelang, transportasi darat dan udara lelang," ujarnya Ahmad.

Dengan dijadikannya Provinsi Riau sebagai Embarkasi Haji Antara maka CJH yang berasal dari kabupaten/kota se-Riau tidak perlu lagi mengalokasikan anggaran yang terlalu besar untuk biaya transportasi jika melalui Embarkasi Batam.

Keuntungan lainya, tentunya saja memperlancar proses pengurusan calon jamaah haji menuju ke tanah suci.

Oleh: Diana Syafni