Produksi Daging Sapi Siak Mencapai 2.854 Ton, Ini Rahasianya...

id produksi daging, sapi siak, mencapai 2854, ton ini rahasianya

Produksi Daging Sapi Siak Mencapai 2.854 Ton, Ini Rahasianya...

Siak (Antarariau.com) - Produksi daging sapi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, selama 2016 meningkat dari 2.716 ton menjadi 2.854 ton, seiring dengan peningkatan populasi ternak ini diwilayah setempat.

Kepala Bidang Produksi dan Pengembangan Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Siak Muhammad Wahiduddin, Senin mengatakan, peningkatan produksi daging di Kabupaten Siak ini seiring dengan peningkatan populasi sapi dari 20.305 ekor menjadi 22.500 ekor tahun 2016.

"Tahun 2017 ini Pemda Siak memasang target angka produksi daging sapi mencapai 3.600 hingga 3.700 ton," kata Muhammad Wahiduddin di Siak.

Dia optimis Terget tersebut bisa tercapai, karena ada sebanyak 3.300 ekor sapi yang diikutkan dalam gerakan bersama inseminasi buatan (GB-IB), sebagai upaya menyukseskan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Sedangkan produksi ayam buras juga mengalami peningkatan dari 255.071 tahun 2014 menjadi 750.000 potong tahun 2016.

"Kebutuhan daging akan meningkat pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat Hari Raya Lebaran atau hari-hari besar keagamaan lainnya," ungkapnya

Menurutnya, peningkatan produksi daging yang terjadi di Kabupaten Siak juga tidak lepas dari peningkatan populasi ternak melalui kawin suntik guna mendorong swasembada daging seperti dicanangkan kementerian pertanian.

Selain itu Siak juga memanfaatkan perkebunan kelapa sawit sebagai kegiatan pembibitan, pengembangan maupun penggemukan sapi. Dikarenakan ternak ini membutuhkan konsumsi bahan pakan yang cukup dalam hal nutrisi dan jumlahnya.

Salah satu cara yang tepat yaitu mendekatkan sapi pada sumber pakannya yang berarti baik pembibitan maupun penggemukan sedapatnya berada dekat atau berada di dalam kawasan perkebunan kelapa sawit.

Terintegrasinya usaha sapi potong dan perkebunan kelapa sawit dapat mengurangi biaya lahan dan pakan serta meningkatkan kapasitas tampung sehingga skala usaha menjadi besar dan semakin efisien.

Kepala Seksi Perbibitan Dinas Peternakan dan Perikanan Romi Setiadi mengatakan tingkat konsumsi daging masyarakat kabupaten Siak juga meningkat setiap tahunnya.

Pada tahun 2016 tercatat sebesar 2,3 kilogram/kapita setahunnya, meningkat dari sebelumnya 2,2 kg/kapita.

"Pada tahun ini kami akan berupaya tingkat konsumsi daging masyarakat Siak bisa mencapai 2,5 kg/kapita," ungkapnya.

Oleh: Nella Marni