Melirik Sektor Peternakan Susu Kambing Di Pekanbaru

id melirik sektor, peternakan susu, kambing di pekanbaru

Melirik Sektor Peternakan Susu Kambing Di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Susu kambing segar selain memiliki banyak manfaat kesehatan ternyata juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

"Usaha produk susu kambing segar sangat berpotensi dan menguntungkan di Pekanbaru. Sebab, masih sangat jarang," ujar Roni Pemilik Susu Kambing Segar Hasya di Pekanbaru, Senin (23/1)

Ia dengan adiknya, mengaku sudah menekuni usaha susu kambing tersebut selama satu tahun.

Ia mengaku omzet yang didapatkan bisa sampai Rp15-20 juta per bulan hanya dengan menjalankan bisnis di rumahnya yang bertempat di Jalan Pahlawan No. 17, Kota Pekanbaru.

Sementara itu, permintaan susu kambing segar sangat banyak, dan, harga jualnya juga jauh lebih bagus daripada susu sapi.

Susu kambing segar dijual Rp70.000 per liter, sementara susu sapi hanya Rp20.000 per liter, jelasnya.

Setiap hari Roni melakukan pemerahan susu sebanyak dua kali, yang dilakukannya pada pagi dan malam hari, dan ia masih menggunakan cara sederhana.

"Prosesnya masih manual, kami memerah pakai tangan, ujarnya.

Pertama ia melakukan sterilisasi terlebih dahulu terhadap puting kambing. Setelah ditampung pada tabung steril, selanjutnya susu tersebut mengalami proses penyaringan dan pengemasan ke dalam botol khusus yang sudah dilabel merek.

Saat ini ia telah memelihara kambing betina dengan jenis Peranakan Etawa sebanyak 30 ekor yang khusus untuk menghasilkan susu segar.

Tiap harinya ia mengaku usahanya mampu menghasilkan sepuluh liter susu kambing segar. Dengan harga jual per liter Rp70.000, sedangkan untuk kemasan botol 340 mililiter dihargai Rp25.000.

Untuk proses pemasaran, ia mengatakan tidak menghadapi kesulitan karena sudah dikenal. Selain melayani penjualan untuk kemasan botol yang dihargai Rp25.000 per botol, pihaknya juga menerima pesanan untuk jumlah besar.

Untuk saat ini pemasarannya masih di wilayah Pekanbaru, dan kadang kadang di Bengkalis dan Kerinci juga," tambahnya.

Lebih lanjut ia juga menjamin susu segar kambing produksinya tidak dicampur apa pun, baik perasa maupun pengawet, apalagi dioplos. Sehingga, sangat cocok bagi penyembuhan penyakit kolesterol dan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, asma, kanker, bisa juga sebagai pengganti ASI

Kami menyediakan susu segar kambing dalam dua sajian, dingin dan beku. Kalau yang cair tahan dua hari di kulkas, sementara jika beku tahan sebulan, ucapnya.

Ketika ditanya upaya menjual olahan susu kambing dalam bentuk kefir atau susu yang sudah difermentasi, ia menyebutkan, pihaknya sejauh ini masih ingin fokus dalam bentuk yang masih segar.

"Untuk saat ini, susu yang segar masih diminati dan cepat habis," ujarnya.

Mengenai perawatan yang ia berikan kepada kambing-kambingnya, ia mengaku hanya memberikan makanan organik, seperti rumput dan ampas tahu yang berfungsi untuk memperbanyak kapasitas susu yang dihasilkan.

"Tidak ada pemberian zat zat kimia yang berfungsi untuk menambah produksi susu kambing, dan perawatan lain hanya kambingnya dimandikan seminggu sekali," ujarnya.

Untuk penyakit antrax yang saat ini dikhawatirkan sejumlah peternak, ia belum melakukan antisipasi apapun karena ia dan komunitasnya masih belum mendapatkan info terkait hal tersebut.

"Untuk saat ini belum lakukan langkah apa-apa, tapi jika memang terkena penyakit akan diobati secepatnya, tapi semoga saja tidak ada apa-apa," tutupnya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari