Gubri: Setiap Lima Kilometer Lahan Perusahaan Harus Ada CCTV

id gubri setiap, lima kilometer, lahan perusahaan, harus ada cctv

Gubri: Setiap Lima Kilometer Lahan Perusahaan Harus Ada CCTV

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau menyampaikan pesan Presiden Jokowi yang mengintruksikan agar seluruh perusahaan di Riau memasang CCTV setiap lima kilo meter di areal lahan untuk mendeteksi dini terjadinya kebakaran.

"Sesuai instruksi Presiden seluruh perusahaan harus memasang CCTV di areal lahan perusahaannya," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, saat Rakor Penetapan Status Siaga Darurat di Kantor Gubernur, Pekanbaru, Selasa.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan pihak swasta agar bertanggungjawab menjaga izin konsesi yang diberikan oleh pemerintah.

"Pihak-pihak swasta harus bisa bertanggung jawab, karena sudah diberi izin konsesi khusus oleh pemerintah agar tidak terjadi kebakaran,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga mengintruksikan Dinas LHK agar dimasukkan dalam Pergub nomor 5 tentang intruksi pemasangan CCTV oleh seluruh perusahaan di Riau.

Selain itu ia menyebutkan bahwa Presiden juga mengintruksikan agar menyediakan helikopter yang siap untuk patroli ke daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Senada dengan hal tersebut, Kapolda Provinsi Riau Irjen Zulkarnain, juga menyebutkan bahwa pihaknya meminta bantuan kepada semua perusahaan untuk memasang CCTV dan segera melapor bila menemukan pelaku pembakaran.

"Untuk harga CCTV tidaklah terlalu mahal, saya rasa tidak akan memberi kerugian kepada perusahaan, dan agar tidak dianggap lalai pencegahan karhutla," ujarnya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari