iMERCHs, Cara Tukang Las Pekanbaru Bersaing di Pasar Bebas

id imerchs cara, tukang las, pekanbaru bersaing, di pasar bebas

iMERCHs, Cara Tukang Las Pekanbaru Bersaing di Pasar Bebas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Tukang las di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengembangkan industri kreatif "iMERCHs" berupa produk miniatur berbahan besi untuk dapat bersaing di pasar bebas ASEAN (MEA).

"Awalnya ini dari hobi ketika dibengkel las kumpulkan sisa bahan untuk bikin asbak modelnya pot bunga, gerobak dan mobil pickup. Ternyata ada yang tertarik beli, jadinya kita kembangkan terus," kata Ilham, pemilik iMERCHs kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Industri kreatif ini baru mulai dipasarkan melalui internet dan media sosial pada awal Januari 2017, dan sejauh ini sudah enam produk yang terjual. Produk yang dihasilkan semuanya terbuat dari besi mulai dari miniatur gitar, alat musik tradisional melayu gambus, piano, hingga asbak berbentuk molen pengaduk semen dan toilet duduk. Mereka juga bisa membuat produk sesuai pesanan pembeli.

Usaha ini dirintis Ilham bersama kawannya, Roni Azhar, yang bertugas sebagai desain produk dan pemasaran. Harga produk iMERCHs berkisar Rp60 ribu hingga Rp250 ribu per unit.

Satu produk bisa diselesaikan Ilham dalam waktu dua hingga lima jam tergantung tingkat kerumitannya dalam menggunakan alat las hingga pengamplasannya.

"Harga bukan ditentukan ukuran produknya, tapi lama pengerjaan dan detilnya," ujar Ilham yang mengaku belajar mengelas secara otodidak.

Roni Azhar mengatakan, produk iMERCHs cocok sebagai suvenir maupunhiasan dirumah dan kantor. Motivasi mereka mengembangkan usaha ini adalah untuk meningkatkan pendapatan karena melihat persaingan ke depan akan makin ketat karena adanya pasar bebas ASEAN (MEA).

"Kalau dari usaha las kita akan begitu-begitu saja, sedangkan persaingan ke depan akan makin ketat karena ada MEA. Jadi kami coba fikirkan apa produk dari kerja las sehari-hari dan dikemas supaya menarik," katanya.

Ia mengatakan pemasaran produk tersebut melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram dengan nama iMERCHs, yang sekaligus digunakan untuk memperlihatkan video proses pembuatannya kepada publik. "Karena kalau produk unik tapi tidak dikemas dengan bagus akan percuma saja," ujarnya.

Ia menambahkan, produk iMERCHs kini juga sudah dipasarkan melalui Teras Biker Shop, yang berlokasi didaerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Target kami dalam waktu dekat adalah bisa ikut pameran INACRAFT di Jakarta," ujarnya.