Diguyur Hujan Beberapa Jam, Sejumlah Pemukiman Di Dumai Terendam Banjir

id diguyur hujan, beberapa jam, sejumlah pemukiman, di dumai, terendam banjir

Diguyur Hujan Beberapa Jam, Sejumlah Pemukiman Di Dumai Terendam Banjir

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sejumlah rumah warga di kawasan lima rukun tetangga Kelurahan Basilam Baru, Kota Dumai, tergenang air dengan ketinggian bervariasi dampak diguyur hujan beberapa jam pada Senin (23/1).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai Tengku Ismet, Selasa, memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut, dan mengimbau warga untuk waspada karena hujan diprediksi masih terjadi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan perusahaan di lokasi sekitar masyarakat agar membantu upaya penanganan banjir dan melakukan pembersihan saluran drainase," kata Ismet kepada pers.

Dijelaskan, data dari badan metereologi klimatologi dan geofisikan (BMKG) menyebutkan hujan diprediksi masih terus berlangsung, karena itu masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk ini dengan antisipasi dini.

Kondisi air merendam pemukiman warga dan sebagian ruas jalan umum diperparah lagi dengan naiknya air laut ke daratan, dan saluran pembuangan air harus dipastikan lancar agar banjir bisa segera surut.

Pantauan wartawan, genangan air hujan selama dua hari ini berakibat juga terganggu aktivitas di tiga sekolah dan pelajar terpaksa dipulangkan lebih cepat karena ketinggian air mencapai ruang kelas belajar.

Genangan air dengan ketinggian lebih 30 sentimeter terpantau di beberapa kelurahan dan ruas jalan, misalnya, Kelurahan Simpang Tetap Darul Ihsan Kecamatan Dumai Barat dan Kelurahan Ratusima Kecamatan Dumai Selatan.

Seorang warga di Kelurahan Simpang Tetap Darul Ihsan berharap pemerintah melakukan penanganan banjir dengan melebarkan drainase di lingkungan pemukiman sekitar agar genangan air bisa cepat surut.

"Setiap kali hujan deras pasti daerah disini kebanjiran, maka itu kami minta agar parit bisa diperlebar supaya bisa mengatasi genangan banjir," kata seorang warga.

Pada Selasa (24/1) ini, hujan dengan curah gerimis dan sedang masih mengguyur Kota Dumai sejak pagi, sedangkan Senin (23/1) sebelumnya hujan turun deras selama beberapa jam dan menyebabkan lingkungan warga dan ruas jalan terendam air.