Hati-Hati, Beberapa Hal Berikut Bisa Merusak Rambut Anda

id hati-hati beberapa, hal berikut, bisa merusak, rambut anda

Hati-Hati, Beberapa Hal Berikut Bisa Merusak Rambut Anda

Jakarta (Antarariau.com) - Terkadang, dalam merawat rambut, orang-orang bisa saja membuat kesalahan yang tak jarang menimbulkan kerusakan pada rambut mereka.

Berikut terdapat lima kesalahan perawatan rambut yang kerap terjadi menurut penata rambut para selebriti Hollywood, Errol Douglas MBE.

1. Berlebihan "memanaskan" rambut

Douglas mengakui memang tak realitistis bila sama sekali tak menggunakan alat pemanas rambut untuk mengeringkan rambut di cuaca yang cenderung dingin.

Hanya saja, sebaiknya aturlah waktunya agar tak terlalu sering, sehingga tak mengganggu kesehatan rambut.

"Menurunkan suhu alat dan mengeringkan rambut Anda dengan pengaturan udara yang lebih sejuk merupakan upaya sederhana untuk meminimalkan kerusakan pada folikel rambut," ujar dia.

Selain itu, penggunaan air panas saat keramas juga perlu Anda perhatikan. Air yang terlalu panas atau justru terlalu dingin bisa merusak rambut Anda. Oleh karenanya jagalah selalu suhunya tetap normal.

2. Keramas terlalu sering

Kebiasaan buruk mudah dilakukan namun sulit dihentikan, dan ini berlaku juga pada rambut, salah satunya terlalu sering mencuci rambut.

Jika Anda mencuci rambut (keramas) setiap hari, gunakanlah sampo kering hingga kebiasaan itu berkurang menjadi dua kali seminggu.

"Cara ini akan membantu mencegah kulit kepala kering dan mengembalikan minyak alami yang membantu rambut Anda terasa halus," kata Douglas.

3. Malas memotong rambut

Mempertahankan panjang rambut dan kesehatannya bisa jadi merupakan kebiasaan yang Anda sulit lakukan. Douglas mengungkapkan kerap menemui kliennya yang "ogah" kehilangan rambut panjang mereka.

Padahal, dalam dunia tata rambut, dikenal teknik pemotongan yang sangat sedikit mengorbankan ukuran panjang rambut. Cara ini bisa membuat rambut sehat tanpa kehilangan panjangnya secara berarti.

4. Menyisir rambut basah

Salah satu kebiasaan yang paling sulit terlewatkan adalah menyisir rambut kurang dari lima menit setelah mandi atau keramas. Padahal, perilaku ini bisa menyebabkan rambut rentan pecah. Jadi, sisirlah rambut ketika keadaanya kering.

"Saya merekomendasikan sisir bergigi lebar," kata Douglas.

5. Pola makan salah

Saatnya menyingkirkan makanan olahan dan gula jika Anda benar-benar berkomitmen memiliki rambut berkilau. Sebaiknya konsumsilah lebih banyak gandum, bayam dan lemak sehat.

Silika, biotin,seng dan semua vitamin yang terkandung dalam makanan tersebut bisa membantu membuat rambut tebal dan sehat. Demikian seperti dilansir Daily Mail.