Kota Sorong Diguncang Gempa Tiga Kali

id kota, sorong diguncang, gempa tiga kali

 Kota Sorong Diguncang Gempa Tiga Kali

Sorong, (Antarariau.com) - Gempa bumi tiga kali mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Kamis, dan yang pertama sekitar pukul 03.05 WIT berkekuatan 4.7 skala Richter.

Gempa susulan dua kali terjadi sekitar pukul 09.30 WIT berkekuatan 3.2 dan 2.2 skala Richter di timur laut Kota Sorong," kata Kepala Stasiun Geofisikan BMKG Sorong Andri W Bidang di Sorong.

Dia mengatakan, lokasi gempa pertama 4.7 SR berjarak 0.65 Lintang Selatan dan 131.47 Bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 10 kilo meter.

Gempa berkekuatan 3.2 dan 2.2 SR berlokasi di 0.88 Lintang Selatan dan 131.50 Bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 5 kilo meter

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif Sorong yang membentang dari arah barat Pulau Raja Ampat dan melewati Kota dan kabupaten sorong hingga Melewati Kabupaten Manokwari sampai berujung di Pulau Yapen.

Gempa bumi ini, kata dia, tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut.

"Namun, masyarakat terutama yang tinggal di pesisir pantai agar waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan," ungkapnya.