Sembahyang Dewa, Cue Lak Cho She Kong Dikawal Polres Meranti

id sembahyang dewa, cue lak, cho she, kong dikawal, polres meranti

Sembahyang Dewa, Cue Lak Cho She Kong Dikawal Polres Meranti

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kepulauan Meranti, Provinsi Riau mengawal ritual hari keenam Tahun Baru Imlek 2568 yakni Sembahyang Dewa atau Cue Lak Cho She Kong yang dilakukan dengan pawai keliling Kota Selatpanjang, Kamis.

"Sebanyak 30 personil Polres Kepulauan Meranti mengawal dalam pengamanan di simpang-simpang jalan agar tidak mengganggu masyarakat yang lain," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Arya Tejo di Pekanbaru, Kamis.

Pawai ini digelar untuk memperingati hari ulang tahun Dewa Ching Cui Choo She. Kegiatan ini dibuka sekitar pukul 07.00 WIB pagi dan akan berlangsung hingga malam dengan pengamanan dikomandoi langsung Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah SIK.

Pantauan kepolisian, kata Guntur, ribuan warga sudah memenuhi seluruh jalan di Selatpanjang. Diperkirakan sekitar 10.000 warga Etnis Tionghoa turun ke jalan dengan atribut Dewa. Cue Lak merupakan puncak perayaan Imlek, petasan beraneka jenis turut memeriahkan jalannya pawai arak-arakan keliling kota Selatpanjang.

Rute kegiatan ini dimulai dari Vihara Sejahtera Sakti Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Tebing Tinggi dan jalan lainnya. Diantaranya Jalan Jawi-Jawi, Sulawesi, Pangaram, Tanjung Harapan, Diponegoro, Balnglas, Teladan, Rintis, Alah Air, Imam Bonjol, Ibrahim, Sempurna, Terubuk, Merdeka Ujung dan kembali ke Jalan Ahmad Yani Vihara Sejahtera Sakti.

Arak-arakan keliling kota ini menurut Warga Tionghoa akan diselingi dengan acara penyembahan yang dilakukan oleh para dewa yang menjelma ke dalam tubuh manusia atau Tangkie. Warga yang dirasuki oleh para dewa ini tidak dipilih oleh panitia atau pihak yayasan vihara, melainkan langsung dipilih oleh Budha.

"Sebelum acara arak-arakan, pada malam harinya warga dihibur dengan petasan untuk menyambut kelahiran Dewa Ching Cui Choo She. Situasi aman terkendali," demikian Guntur.