Iran Akan Beli 20 Pesawat Penumpang Dari ATR Prancis-Italia

id iran akan, beli 20, pesawat penumpang, dari atr prancis-italia

Iran Akan Beli 20 Pesawat Penumpang Dari ATR Prancis-Italia

Teheran, (Antarariaua.com) - Perwakilan perusahaan Prancis-Italia pembuat pesawat terbang ATR akan tiba di Teheran pada Minggu untuk membahas pembelian sejumlah pesawat penumpang oleh Iran, kata seorang pejabat penerbangan Iran, Sabtu.

Setelah kesepakatan senilai 400 juta dolar AS (sekitar Rp5,3 triliun) tercapai, 20 pesawat penumpang akan dikirim ke Iran sesuai jadwal, kata Wakil Menteri Pembangunan Jalan dan Perkotaan Asqar Fakhriyeh Kashan seperti dikutip Kantor Berita Fars.

"ATR akan mengirimkan tiga atau empat pesawat penumpang untuk Iran Air, maskapai penerbangan nasional Iran, pada akhir tahun kalender Iran saat ini (yang berakhir pada 20 Maret)," kata Fakhriyeh Kashan.

Pada Desember 2016, Iran menandatangani kontrak senilai 18 miliar dolar AS (sekitar Rp239,8 triliun) dengan Airbus untuk pembelian 100 pesawat.

Airbus telah mengirimkan pesawat pesanan pertama ke Iran pada Januari.

Juga pada Desember, Iran Air telah mencapai kesepakatan lainnya dengan Boeing untuk pembelian 80 pesawat komersil. Pesanan dari Iran Air terdiri dari 50 Boeing 737 bermesin ganda dan Boeing 777 berbadan lebar untuk jarak jauh. Nilai kontrak tercatat 16,6 miliar dolar (sekitar Rp221 triliun).

Pesawat-pesawat Boeing itu akan dikirimkan ke Iran dalam jangka waktu 10 tahun. Pengiriman pertama dijadwalkan berlangsung pada 2018.