Bengkalis Termasuk Dalam 514 Daerah Yang Dilalui Jaringan Internet PRB

id bengkalis termasuk, dalam 514, daerah yang, dilalui jaringan, internet prb

Bengkalis Termasuk Dalam 514 Daerah Yang Dilalui Jaringan Internet PRB

Bengkalis (Antarariau.com)- Lahan di tiga Desa di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, akan dimanfaatkan PT Palapa Ring Barat (PT PRB), sebagai tempat untuk jalur lintas kabel yang digunakan untuk proyek jaringan internet.

"Diantara 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, PT Palapa Ring Barat, memilih 57 Kabupaten/Kota untuk dilakukannya proyek dimaksud, salah satu diantaranya adalah Kabupaten Bengkalis," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, Arianto dalam keterangannya di Bengkalis, Senin.

Dia mengatakan, ketiga desa tersebut adalah Desa Bantan Kecamatan Bantan, Desa Sebauk Kecamatan Bengkalis, dan Desa Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu.

"Aset yang ada di Kabupaten Bengkalis tidak begitu sulit dalam pemberian jaminan, akan tetapi, diharapkan kepada PT Palapa Ring Barat dapat mempertimbangkan lahan yang akan dikuasai nantinya," ujar Arianto.

Dia mengingatkan kepada PT Palapa Ring Barat bahwa, sebelum menguasai lahan yang akan digunakan untuk proyek ini, diharapkan agar di konsultasikan terlebih dahulu dengan warga setempat, agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

"Dalam proses pengerjaan proyek, diharapkan nantinya agar tidak merusak jalan, sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan. Dan jika hal ini terjadi, maka perusahaan wajib memperbaikinya secepat mungkin," katanya.

Ia menjelaskan, ketiga desa tersebut akan dimanfaatkan lahannya atas Kerjasama Pemanfaatan Lahan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan PT Palapa Ring Barat membangun jaringan internet, dan hingga saat ini proyek yang diusulkan sejak 2016 lalu itu masih dalam tahap proses pengerjaan, dan sebagian telah selesai dilaksanakan.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis meminta PT Palapa Ring Barat untuk segera melakukan pemasangan kabel serat optik yang akan dilaksanakan di tiga desa di Kabupaten Bengkalis itu," katanya. (ADV)