Kwarcab Kampar Gelar Diklat Kehumasan

id kwarcab kampar, gelar diklat kehumasan

Kwarcab Kampar Gelar Diklat Kehumasan

Bangkinang Kota (Antarariau.com) - Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Kampar melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Kehumasan di Gedung Pusdiklatcab Kwarcab Kampar, Selasa (7/2).

"Kegiatan Diklat Kehumasan ini sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang gerakan pramuka, agar semua komponen yang ada mampu lebih giat lagi mempublikasikan seluruh aktivitas kepramukaan baik di kwarran sampai ke Gudep-gudep yang ada," kata Sekretaris Kwarcab, Kak Jon Haril mewakili Kakwarcab Kampar, Kak Eva Yuliana, SE membuka kegiatan Diklat Kehumasan dan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan.

Dia berharap seluruh peserta mampu menyerap seluruh materi yang diberikan untuk dapat ditindaklanjuti di tingkat kwarran dan gudep-gudep.

Diakuinya bahwa selama ini, ekpos kegiatan kepramukaan masih sangat minim, maka dari itu melalui Diklat ini nantinya dapat memberikan pencerahan kepada para Kwarran memperpanjang dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Hadir dalam kegiatan, Wakabina Wasa, Kak Desnawita, Irma Suryani, Ketua Pusdiklatcab, Kak Nasrul seluruh andalan dan pengurua Dewan Kerja Cabang serta peserta Diklat Kehumasan dari 21 Kwarran.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Diklat Kehumasan, Kak Netty Mindrayani menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan satu hari melibatkan 42 orang perwakilan dari 21 Kwarran.

Selama ini, kata Wakil Ketua Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Kampar ini, bahwa asumsi orang terhadap pramuka masih kurang mendapat respon tersebab masih minimnya ekspos kegiatan kepramukaan di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu penting untuk lebih menggiatkan dan mensosialisasikan kembali kegiatan-kegiatan kepramukaan ditengah-tengah masyarakat dengan peran kehumasan melalui berbagai media dalam membangun image yang lebih baik untuk mendapatkan respon positif agar semakin tumbuh kesadaran masyarakat terhadap pramuka dalam membentuk karakter anak bangsa berakhlak moral yang lebih baik, mandiri, berdaya saing menghadapi segala tantangan hidup dengan menerapkan dasa dharma pramuka.

Kemudian, pentingnya memenej peran, tugas dan tanggungjawab humas dalam organisasi secara maksimal dan baik dan memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya kegiatan pramuka.

Selain itu, perlunya menggencarkan sosialisasi tentang gerakan pramuka agar lebih dicintai, semua komponen yang ada di pramuka dari kwarcab, kwarran sampai Gudep dapat lebih giat dalam melaksanakan dan mempublikasikan seluruh aktivitas kepramukaan secara rutin melalui media yang ada.

Harapannya lanjut dia, agar seluruh kwarran mampu melaksanakan fungsi, tugas dan tanggungjawab kehumasan dengan baik dan teratur dan rutin, mampu membuat pemberitaan, mengumpulkan dan menganalisa informasi untuk bahan kebijakan pimpinan.

Tidak hanya itu, bagian humas dituntut mampu melakukan koordinasi dengan unit kerja atau instansi terkait dengan bidang tugasnya juga memberikan pemahaman pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan semua lini serta menggencarkan seluruh kegiatan kepramukaan kepada masyarakat luas untuk memperkuat keberadaan Gerakan Pramuka yang memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Dalam kegiatan ini, Kwarcab Kampar mengundang Wakil Ketua Bidang Humas Kwarda Riau, Kak Masrul Kasmy memberikan materi tentang dasar-dasar kehumasan dan materi tentang jurnalistik disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Kampar, Kak Netty Mindrayani.

Seluruh peserta mengikuti dengan antusias kegiatan tersebut sampai pada pemberian pelatihan cara membuat berita singkat. Selain itu dibuat akun Grup Whatsup untuk menindaklanjuti pelatihan tersebut. (ADV)