Targetkan Swasembada Cabai, Petani Siak Terima Bantuan 40 Hektare Bibit

id targetkan swasembada cabai petani siak terima bantuan 40 hektare bibit

Targetkan Swasembada Cabai, Petani Siak Terima Bantuan 40 Hektare Bibit

Siak (Antarariau.com) - Petani di Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada tahun ini akan mendapatkan bantuan untuk mengembangkan tanaman cabai seluas 40 hektare, guna membantu wilayah setempat dalam mewujudkan swasembada pangan pada 2018.

"Pada tahun ini kita akan mendapatkan bantuan cabai seluas 40 hektare dari Kementerian Pertanian yang akan digulirkan ke beberapa kecamatan sesuai dengan kondisi di lapangan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Siak Rubiati di Siak, Kamis

Dia mengatakan, ada 10 kecamatan yang dalam rencananya akan mendapat gulir bantuan pengembangan cabai pada tahun ini. Diantaranya, Bunga Raya, Kerinci Kanan, Siak, Mempura, Sabak Auh, Minas, Kandis, Sungai Apit, Tualang, dan Pusako.

"Bantuan ini disalurkan untuk menekan angka inflasi Riau yang akhir-akhir ini terus merangkak naik," ungkapnya.

Dia mengatakan, timnya sudah meninjau langsung ke lapangan guna melihat kesiapan kelompok tani dalam mengelola. Selain itu juga dinilai kesiapan lahan, tenaga dan sumber air.

Yang tidak kalah penting, tambahnya, Kabupaten Siak juga terpilih sebagai sentra cabai di Provinsi Riau selain Rokan Hulu, Pekanbaru, dan Dumai.

"Kementan memberikan kepercayaan kepada Siak sebagai sentra cabai di Provinsi Riau. Ada tiga kabupaten/kota Riau lainnya yang juga dipilih selain Siak, yakni Kabupaten Rokan Hulu, Kota Pekanbaru dan Dumai," sebutnya.

Dia terangkan, terpilihnya Siak sebagai sentra cabai mejadi keuntungan tersendiri bagi petani Siak. Apalagi pemerintah daerah sudah menargetkan bisa swasembada cabai dan jagung pada 2018 atau minimalnya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan tidak lagi mengimpor.

Dia menyebutkan, pada 2017 ini akan ada seluas 11,75 hektar lahan cabai yang dipanen. Ia memprediksi hasilnya kurang lebih 70 ton. Ditambah lagi dengan bantuan yang diberikan pemerintah pusat seluas 40 hektar tersebut.

"Kalau bantuan tersebut dikembangkan dengan produksi 5 ton/ hektar, maka keinginan Siak untuk swasembada cabai pada 2018 akan terpenuhi. Bahkan bisa ekspor ke daerah tetangga," tuturnya.

Oleh: Nella Marni