Landasan Pacu Diperbaiki, Bandara SSK Tak Beroperasi Selama 20 Menit

id landasan pacu, diperbaiki bandara, ssk tak, beroperasi selama, 20 menit

Landasan Pacu Diperbaiki, Bandara SSK Tak Beroperasi Selama 20 Menit

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II di Kota Pekanbaru menyatakan aktivitas penerbangan pada Kamis, sempat dihentikan selama 20 menit untuk perbaikan landasan pacu.

"Penutupan SSK II tepat pukul 16.00 WIB tadi," kata Officer In Charge (OIC) on Duty Bandara SSK II, Bambang Setiawan kepada Antara.

Menurut Bambang Setiawan penutupan ini dilakukan karena ada perbaikan terhadap landasan pacu (run way).

"Tadi ada perbaikan run way 36 sekitar 20 menit," tegasnya.

Akibat perbaikan landasan tersebut ada beberapa penerbangan yang akan mendarat ke SSK II Pekanbaru terpaksa dialihkan bahkan sempat berputar-putar diudara.

Diakuinya informasi perbaikan ini memang tidak ada pemberitahuan khusus. Atau pernyataan langsung kepada maskapai bahwa bandara akan ditutup.

Sehingga sambung dia ada beberapa penerbangan yang tadinya sudah lepas landas seperti harus kembali.

"Memang pada saat perbaikan yang memakan waktu 20 menit ada beberapa penerbangan yang akan mendarat," ucapnya.

Bambang merinci penerbangan yang terdampak adalah pesawat Lion JT 239 dari Batam, Kepulauan Riau, terpaksa kembali atau "return to base" ke Batam. Kemudian, penerbangan Lion JT 292 dari Jakarta dialihkan ke Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sementara Batik ID 7065 dari Halim Perdana Kusuma harus dialihkan ke Bandara Internasional Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat.

"Sedangkan GA 176 sempat berputar-putar di udara 20 menit sebelum mendarat di SSK II," ucapnya pula.

Namun sebut dia sejauh kondisi bandara SSK II Pekanbaru sudah kembali normal perbaikan sudah selesai, dan penerbangan dibuka kembali.

"GA 176 dari Jakarta yang sempat berputar (holding) di udara sudah mendarat dan bahkan akan berangkat lagi?," katanya menambahkan.

Ditanyakan apakah hal ini sebelumnya tidak ada koordinasi dari Bandara SSK II dengan bandara lain terkait landasan pacu yang lagi perbaikan sehingga penerbangan banyak dialihkan, Bambang enggan berkomentar dan mempersilahkan menanyakan langsung kepada GM.

Ia menambahkan saat ini semua penerbangan yang dialihkan ke bandara lain seperti Batik dari Halim dialihkan ke Padang sudah berangkat ke Pekanbaru rencana mendarat pukul 17.50 WIB.

Sementara yang dari Batam rencana mendarat Pukul 18.00 WIB.

"Demikian juga Lion JT 292 dari Jakarta yang dialihkan ke Palembang sedang menuju Pekanbaru," katanya mengakhiri.