Jabat 17 Hari, Zulkifli HS Jadi Plt Walikota Tersingkat

id jabat 17, hari zulkifli, hs jadi, plt walikota tersingkat

Sabang, Aceh, (Antarariau.com) - Zulkifli HS yang dilantik menjadi Pelaksana tugas Wali Kota Sabang oleh Plt Gubernur Aceh Soedarmo atas nama Menteri Dalam Negeri pada 26 Januari 2017, berakhir pada 11 Februari 2017 dan merupakan jabatan paling singkat.

"Saya menjabat sebagai Plt Walikota Sabang selama 17 hari dan ini jabatan Plt Wali Kota tersingkat di Indonesia bahkan dunia," kata Zulkifli pada acara serah terima jabatan ke Wali Kota Sabang definitif Zulkifli H Adam di Sabang, Sabtu.

Zulkifli H Adam sebelumnya dinonaktifkan jabatannya karena ikut mencalonkan diri pada Pilkada serentak periode 2017-2022.

Serah terima jabatan tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPRK Sabang Ferdiansyah, sejumlah kepala dinas Provinsi Aceh dan unsur Forkompinda lainnya se-Kota Sabang.

Pada kesempatan itu, Zulkifli HS memaparkan, selama menjabat Plt Wali Kota Sabang, ia telah melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaran Pilkada, unsur Forkompinda dan termasuk dengan TNI dan Polri untuk mewujudkan ketertiban di lingkungan masyarakat Kota Sabang.

Plt Wali Kota Sabang juga telah melakukan peresmian eksploitasi panas bumi (geothermal) Jaboi Sabang yang berdaya 80 MW tanggal 4 Februari 2017 dan telah mengukuhkan Susunan Organisasi Struktur Kerja (SOTK) baru sebanyak 460 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari esolon II, III sebanyak 141 dan 319 diantaranya eselon IV.

Pelantikan SOTK baru itu sesuai dengan Putusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 821.2-66 Tahun 2017 dan Keputusan Walikota Sabang Nomor: 821.2-9/2017 tentang pengangkatan pejabat eselon II, III dan IV pada tanggal 9 Februari 2017.

Sebelumnya, Zulkifli HS juga pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Sabang pada tahun 2012 dan ia melakukan serah terima jabatan Wali Kota Sabang dan Wakil Wali Kota Sabang kepada Zulkifli H Adam-Nazaruddin pada tanggal 17 September 2012 masa kepemimpinan perode 2012-2017.

Artinya, serah terima jabatan Wali Kota Sabang dari Plt Wali Kota Sabang Zulkifli HS kepada Wali Kota Sabang dan Wakil Wali Kota Sabang kembali terulang pada 11 Februari 2017.

"Serah terima jabatan ini kembali terulang dan hanya Allah SWT yang tahu dibalik ini semua, yang terpenting kita berdoa dibalik ini semua ada keberkahan untuk Kota Sabang yang kita cintai bersama ini," katanya.

Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam usai serah terima jabatan mengatakan, sosok Zulkifli HS tidaklah asing bagi warga Sabang dan beliau sosok pemimpin yang membawa keberkahan untuk masyarakat pulau paling ujung barat Indonesia.

"Bapak Zul sosok pemimpin yang patut dicontoh dan pesan beliau ke saya banyak bersabarlah dalam memimpin. Ini akan selalu saya ingat karena salah satu kunci sukses adalah bersabar," katanya.