Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Harapkan Bantuan Pemerintah

id kelompok usaha, ibu rumah, tangga harapkan, bantuan pemerintah

Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Harapkan Bantuan Pemerintah

Pekanbaru (Antarariau.com) - kelompok usaha bersama ibu rumah tangga yang tergabung dengan nama Creative Billionaire akui kesulitan dalam hal pemasaran. Hal tersebut disampaikan Rusydianti Selaku koordinator dari perkumpulan tersebut.

"Daripada ngumpul-ngumpul tanpa menghasilkan apa apa, lebih baik berkarya seperti ini, Syukurlah direspon positif oleh teman lain untuk membentuk usaha bersama ini, tapi memang ada beberapa tantangan," ucap Rusydianti di Pekanbaru, Minggu (12/2).

Seperti yang telah ia sebutkan tadi, Creative Billionaire sebenarnya merupakan sekumpulan ibu-ibu rumah tangga yang mengisi waktu luangnya dengan menghasilkan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Namun sayang, hasil kerajinan tersebut diakuinya kemudian mengalami kendala dalam hal pemasaran. Lebih jauh Rusydianti menyebutkan bahwa pihaknya mengharapkan bantuan pemerintah untuk menyediakan pasar bagi produk-produk tersebut. Ia menambahkan bahwa saat ini Creative Billionaire hanya memasarkan menggunakan media sosial dan dengan mengikuti even-even di berbagai kegiatan.

"Kendalanya memang di pemasaran, produk ada tapi kami tidak tahu mau dipasarkan kemana. Bahkan kadang kesulitan karena kami tidak mengetahui selera pasar, jika hanya memproduksi saja tanpa ada konsumen maka tidak akan ada kemajuan," tambahnya.

Ia berharap agar pemerintah bisa menyediakan pasar bagi para pelaku UKM seperti usaha bersama yang ia kelola. Selain itu ia berharap juga agar disediakan wadah sebagai tempat bertanya dan meminta saran agar UKM yang ada bisa maju.

Creative Billionaire merupakan usaha bersama dan bermarkas di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Pekanbaru, saat ini sudah merangkul kurang lebih 15 orang ibu rumah tangga kreatif di sekitar daerah tersebut, selain itu usaha bersama ini juga memberikan wadah bagi anggota yang ingin bertukar ilmu pengetahuan.

"Produk kami selain kerajinan tangan juga ada camilan, kadang-kadang ada juga ibu-ibu yang ingin belajar membuat kerajinan tangan, ya belajar sama-sama," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa produk yang dibuat oleh Creative Billionaire cukup beragam, untuk kerajinan tangan bahkan ada yang berasal dari bahan daur ulang, seperti celengan, gelang dari perca batik, bros dari batu-batuan, tas dari kain flanel. Untuk kuliner juga tersedia kue basah, dan kue kering.

Oleh: Gebby Fadhila Sari