KPU Manokwari Libatkan Penyandang Disabilitas Dalam Kepanitian Pilkada

id kpu manokwari, libatkan penyandang, disabilitas dalam, kepanitian pilkada

KPU Manokwari Libatkan Penyandang Disabilitas Dalam Kepanitian Pilkada

Manokwari (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

Komisioner Divisi Data KPU Manokwari Tedy Pattikaihattu di Manokwari, mengatakan TPS khusus akan disiapkan di halaman Kantor KPU Manokwari.

"Kami bekerja sama dengan Yayasan Netra Mandiri. Seperti halnya pilkada sebelumnya, TPS khusus kami siapkan di halaman Kantor KPU," kata Tedy.

Selain TPS khusus, lanjut dia, pihaknya pun melibatkan para penyandang disabilitas dalam kepanitiaan pemungutan suara. Sejumlah fasilitas pendukung pun disiapkan untuk mempermudah proses pemungutan suara di TPS khusus tersebut.

Dia menyebutkan daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut sebanyak 175 pemilih. KPU telah menyiapkan alat bantu bagi penyandang tuna netra.

"Kami juga telah memyiapkan kendaraan untuk menjemput mereka ke TPS," ujarnya lagi.

Dia menambahkan seluruh logistik pilkada sudah diterima KPU Manokwari, termasuk logistik bagi pemilih penyandang disabilitas.

Distribusi sejumlah logistik pun, katanya, sudah dilakukan sejak 6 Februari 2017.

"Seperti kotak dan bilik suara, semua sudah terdistribusi ke sembilan distrik. Besok hari Senin kita mulai mendistribusikan surat suara dan formulir," katanya.