Rutan Dumai Akan Miliki Kader Kesehatan Untuk Setiap Sel

id rutan dumai, akan miliki, kader kesehatan, untuk setiap sel

Rutan Dumai Akan Miliki Kader Kesehatan Untuk Setiap Sel

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau bersama rumah tahanan negara setempat akan membentuk kader medis di setiap sel untuk mengedukasi warga binaan tentang pola hidup sehat.

"Melalui kerja sama pelayanan kesehatan dengan rutan, kami akan membentuk bentuk kader di setiap sel untuk memberi pendidikan tentang pola hidup sehat, dan pencegahan penyakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal seusai penandatanganan naskah kerja sama dengan Kepala Rutan Dumai Edi Mulyono, Senin.

Kader medis akan diambil dari seorang warga binaan di setiap sel dan akan mendapat pembekalan dan pembinaan dari Dinas Kesehatan untuk mengurangi angka penderita penyakit, terutama menular seperti HIV AIDS dan tuberculosis.

Disebutkan, tujuan dari kerja sama ini untuk pelayanan medis warga binaan yang mengidap penyakit, dan memberi pemahaman soal hidup bersih dan sehat supaya tidak mudah diserang sakit.

Di samping itu, agar tahanan dan narapidana mendapat pelayanan kesehatan dari pemerintah dan mampu menjaga lingkungan serta memahami alur rujukan ketika mengalami sakit darurat.

"Target kami, mengurangi penyakit menular seperti tuberculosis dan HIV/AIDS karena di rumah tahanan rawan penyebarannya, sekaligus memberi pelayanan kesehatan direncanakan dua kali dalam sebulan," katanya.

Sementara, Kepala Rumah Tahanan Kelas II-B Dumai Edi Mulyono mengapresiasi komitmen pemerintah daerah dalam pelayanan kesehatan kepada warga binaan, dan sosialisasi tentang HIV/AIDS serta penyakit menular lain.

Kerja sama ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan dan kesadaran untuk saling menjaga kesehatan diri dan lingkungan rumah tahanan agar bebas dari sebaran penyakit.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah ini sangat kita apresiasi supaya warga binaan bisa meningkatkan kesadaran dan tidak mudah terserang penyakit menular maupun sakit ringan lain akibat lingkungan kotor atau perilaku hidup tidak sehat," kata Edi.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama itu, Direktur RSUD Dumai Dokter Syaiful, Camat Dumai Selatan, Kepala Puskesmas Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, perwakilan Polres Dumai dan lurah.