Kemarin Buaya, Sekarang Macan Dahan Hebohkan Warga Dumai

id kemarin buaya, sekarang macan, dahan hebohkan, warga dumai

Kemarin Buaya, Sekarang Macan Dahan Hebohkan Warga Dumai

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Seekor macan dahan liar yang hidup berkeliaran di hutan di sekitar Jalan Meranti Darat Kota Dumai Provinsi Riau berhasil ditangkap warga setempat, Minggu.

Kemunculan hewan disebut juga kucing bakau ini awalnya dilihat oleh warga bernama Salim, kemudian bersama rekan Khairul mengejar karena khawatir akan membuat resah warga setempat.

"Kami sedang memancing lobster di parit. Salim yang pertama kali melihat binatang ini, seminggu lalu dia juga ngaku pernah lihat hewan ini di hutan yang sama," kata Khairul, Senin.

Proses penangkapan kucing bakau diperkirakan berusia dewasa ini diakui Khairul cukup menegangkan karena hewan ini sempat melawan dan mengeluarkan suara menakutkan.

Saat dilihat pertama kali, hewan ini melintas. Salim mengira hanya seekor kucing biasa, selanjutnya berusaha mencari tahu dengan menyoroti mata dengan senter, namun macan dahan itu sempat akan menerkam.

Hewan liar berukuran sebesar kucing ini akhirnya bisa ditangkap warga karena saat dikejer terperosok ke dalam parit di sekitar hutan tersebut, dan kemudian dievakuasi menggunakan jaring.

"Kucing bakau ini untuk sementara kami amankan dalam sebuah drum ditutupi kawat dan diberi makan karena merupakan hewan dilindungi," sebutnya.

Keberadaan hewan yang biasa hidup di hutan bakau ini diyakini tidak hanya seekor, karena Salim mengaku pernah melihat kucing ini melintas berkelompok sebanyak tiga ekor.

Sebelumnya, warga Jalan Meranti Dumai ini dikagetkan juga dengan penemuan seekor buaya muara berukuran lebih dua meter berenang di sekitar parit, Jumat (10/2).

Kemudian, karena keberadaan hewan buas ini meresahkan, warga beramai-ramai melakukan penangkapan dengan membuat kurungan di dalam parit agar buaya itu tidak kabur.