Terbengkalai Beberapa Tahun Terakhir, Akhirnya Desain Pasar Cik Puan Selesai

id terbengkalai beberapa, tahun terakhir, akhirnya desain, pasar cik, puan selesai

Terbengkalai Beberapa Tahun Terakhir, Akhirnya Desain Pasar Cik Puan Selesai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, sedang menyelesaikan detail desain fisik pembangunan pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, supaya proyek itu dapat dilaksanakan mulai tahun depan.

"Setelah detail desain fisik pembangunan pasar Cik Puan selesai maka pembangunan fisik pasar akan dimulai tahun 2018, sehingga diharapkan para pedagang dapat menikmati sarana pasar yang layak," kata Edwar Sanger, pelaksana tugas Wali Kota Pekanbaru, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, detail desain fisik pembangunan pasar Cik Puan dilakukan setelah melalui rapat evaluasi antara Pemkot Pekanbaru dengan DPRD Provinsi Riau.

Ia mengatakan, gubernur Riau Arsyadjualiandi Rachman juga sudah menyetujui pembangunan kembali pasar tersebut dan diserahakan ke Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Pasar Cik Puan terbengkalai sejak beberapa tahun terakhir dan kelanjutan pembangunan pasar Cik Puan yang terbengkalai itu akan dirubuhkan, dan sebagai gantinya, di lokasi tersebut akan dibangun Pasar Cik Puan setinggi 10 lantai," katanya.

Untuk penyedaiaan anggaran pembangunan kembali pasar Cik Puan tersebut, katanya, akan diserahkan kepada investor dan bangunan pasar berlantai 10 itu nantinya diharapkan bisa menampung semua jenis dagangan basah, kering dan lainnya.

Sementara itu, pengerjaan fisik pasar secara tekhnis akan dilakukan pelelangan secara elektronik dan bangunan akan dikerjakan secara higienis sesuai dengan konsep kota metropolitan. Bangunan pada dua lantai pertama, akan disiapkan untuk menampung 1.300 pedagang kaki lima (PKL) yang diperioritaskan PKL eks Pasar Cik Puan sebelumnya.

"Pasar Cik Puan akan dibangun dengan konsep modern seperti mal dan pusat perbelanjaan lainnya. Bangunan bagian atas akan dijadikan hotel yang mendukung program pariwisata Pekanbaru," katanya.