Bupati Bengkalis Inginkan Baznas Tanggulangi Kemiskinan Daerah Setempat

id bupati bengkalis, inginkan baznas, tanggulangi kemiskinan, daerah setempat

Bupati Bengkalis Inginkan Baznas Tanggulangi Kemiskinan Daerah Setempat

Bengkalis (Antarariau.com) - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, yang baru saja dilantik sebagai Ketua Badan Amil Zakat Kabupaten Bengkalis, berjanji bahwa lembaga yang dipimpinnya itu akan lebih menyentuh masyarakat ke depannya.

"Selain itu, Baznas juga meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negeri junjungan," kata Amril Mukminin saat pelantikan pemimpin baznas di Wisma Daerah Bengkalis, Senin.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyebutkan bahwa, keberadaan Baznas merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat islam.

Menurut Amril, zakat merupakan kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian, selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak lansung zakat dapat membantu APBN dan APBD.

Ada empat faktor yang dapat mendukung keberhasilan dari zakat, yaitu, pertama regulator, kedua motivator yang berarti kementerian agama harus jadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini, ketiga, koordinator, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengurus baznas merupakan koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya dan terakhir fasilitator, yang dalam hal ini pemda sudah memberikan banyak fasilitas kepada baznas kabupaten Bengkalis seperti kantor, kendaraan, dana operasional dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Amril Mukminin juga mengucapkan tahniah kepada pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis terpilih periode 2017-2022 yang baru saja dilantiknya agar dengan kepemimpinan yang baru, eksistensi baznas lebih meningkat lagi, sehingga keberadaanya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat kabupaten Bengkalis.

Adapun keempat pimpinan baznas yang baru dilantik tersebut, diantaranya H Ali Ambar, selaku ketua, Rudi Iskandar, selaku Wakil Ketua I, Zulkifli, Wakil Ketua II dan Suhaili selaku Wakil Ketua III. (ADV)