Firdaus-Ayat Yakin Telah Raup 32 Persen Suara Di Pekanbaru

id firdaus-ayat yakin, telah raup, 32 persen, suara di pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Tim pemenangan pasangan calon petahana Pekanbaru, Firdaus-Ayat Cahyadi, mengklaim meraih 32 persen suara untuk penghitungan sementara, dan unggul pada Pilkada 2017.

"Sampai malam ini 75 persen suara sudah masuk, itu pasangan nomor 3 yakni Firdaus-Ayat Cahyadi unggul 32 persen lebih," kata Ketua Tim Kualisi dan Partai Pengusung dan Pendukung Firdaus-Ayat Cahyadi, Chaidir kepada antara, di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan penghitungan sementara tim internal menggunakan C1, yang dikumpulkan oleh para saksi mereka pada Pilkada 2017.

Chaidir menjelaskan sejauh ini mereka tim pemenangan memiliki alat hitung cepat sendiri yang dilakukan untuk peraihan suara para 1.796 Tempat Pemungutan Suara.

"Penghitungan ini akan terus bergerak hingga esok," ucapnya.

Selain menghitung suara Paslon yang diusung, tim juga melakukan bagi yang lain untuk memperoleh perbandingan.

"Dari data hitung cepat kami ditempat kedua suara diraih oleh Paslon nomor urut 4 dengan jumlah 21 persen, lalu diikuti nomor 5 dengan besaran sekitar 21 persen bedanya tipis," terangnya.

Sementara perbedaan peraihan suara sambung dia antara no urut 3 dengan no 4 itu mencapai 11 persen.

"Pergeseran ini diperkirakan tidak akan lagi sigifikan karena sudah terlihat sejak suara masuk dari 20 TPS hingga 1.200," urainya.

Ditanya apakah pihaknya optimis untuk mampu meraih kemenangan, ia menambahkan pasti. Walau hasil perhitungan ini masih versi mereka.

Karena yang resmi itu tetap penghitungan dan hasil pengumuman KPU setempat.

"Tetapi "rill acount" yang kami lakukan ini berdsarkan C1 yang dipegang oleh tiap saksi Paslon di TPS," katanya menambahkan.

Disisi lain berdasarkan data yang dihimpun antara dari laporan penghitungan suara sementara yang dilakukan oleh beberapa camat se-Kota Pekanbaru tergambar perolehan suara Paslon Petahana Firdaus-Ayat Cahyadi dengan Dastrayani Bibra-Said Usman saling berkejaran.

Dari data Kecamatan Tenayan Raya dapat perolehan suara terbanyak nomor 3 dengan 39 persen, diikuti nomor 5 sebanyak 24 persen, Senapelan menunjukkan kemenangan tipis antara nomor 3 dan 5. Limapuluh peraihan suara terbesar oleh nomor 5, Pekanbaru Kota beda tipis nomor 2 dapat 34,47 persen dan nomor 5 peroleh 26,67 perse, Rumbai nomor dimenangkan nomor 3, Rumbai Pesisir nomor 3 raih 37 persen lebih, sementara Bukit Raya dimenangkan nomor 2, Tampan juga dimenangkan Firdaus, Marpoyan Damai Firdaus, Payung Sekaki Firdaus dengan perolehan suara 35,85 persen.

Disisi lain Anggota Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Yelli Nofiza berpendapat pihaknya tidak berhak mengomentari hasil penghitungan sementara dari para Paslon Pilkada Pekanbaru.

"Yang pasti dan benar itu jelas hasil penghitungan KPU yang akan diumumkan pada pleno rencana antara 22-24 Februari," ucapnya.

Diakui dia hingga malam usai pelaksanaan Pilkada Pekanbaru pihaknya masih menerima sekitar 20 persen suara.

"Jadi kami belum bisa beri gambaran apa-apa," ucapnya lagi mengakhiri.