Akhirnya Pemungutan Ulang Suara Pilkada Kampar Selesai

id akhirnya pemungutan, ulang suara, pilkada kampar selesai

Akhirnya Pemungutan Ulang Suara Pilkada Kampar Selesai

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum menyatakan pemungutan suara ulang di satu tempat pemungutan suara di Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Kamis, berlangsung lancar dan aman.

"Pemungutan suara ulang sudah berjalan dengan baik, lancar, dan aman, baik itu pemungutan maupun penghitungan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar, Yatarullah dihubungi dari Pekanbaru, Kamis.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) terpaksa dilakukan karena pada Rabu (15/2) lalu Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) setempat melakukan pelanggaran, berupa pencoblosan kertas suara sampai empat kali.

Terhadap Ketua KPPS yang bermasalah, maka jajaran penyelenggara telah memberhentikan oknum itu.

"Tidak diganti, cukup lima saja. Satu bermasalah dan yang satu lagi mengundurkan diri," ungkapnya.

Meski begitu, si mantan Ketua KPPS yang berinisial In itu tetap bisa menggunakan hak pilihnya karena yang bersangkutan adalah warga TPS setempat. Walau demikian proses pemeriksaannya di Panitia Pengawas Pemilu setempat tetap dilakukan.

Dalam PSU itu, kata Yatarullah, juga ditinjau langsung oleh forum komunikasi pimpinan daerah setempat dan tim desk Pilkada KPU Provinsi Riau. Ada Pejabat Bupati Syahrial Abdi dan Kepala Kepolisian Resor, AKBP Edy Sumardi.

"Panwaslu tidak keberatan lagi karena memang ini adalah rekomendasinya," imbuh dia.

Sebelumnya pada hari pemungutan suara, Panwaslu Kampar menghentikan kegiatan tersebut karena Ketua KPPS tersebut diduga melakukan kecurangan. Penyelenggara itu diketahui mencoblos empat kertas surat suara dan telah memasukkannya ke dalam kotak suara.

Pelaku diduga mencoblos surat suara yang sudah disediakan sebelum warga datang ke lokasi tersebut. Hal ini kemudian diketahui panitia lainnya dan dilaporkan ke Panwas kecamatan setempat. Ditanyakan ke Anggota Panwaslu Kampar, Aprijon tidak mau menyebutkan paslon nomor berapa yang dicoblos empat kali itu

"Ada pencoblosan duluan, ini jelas dilarang. Kalau nomor berapa nanti didalami lagi dan apa kaitannya dengan yang dicoblos," jawabnya.