Angkasa Pura II

Pemda Siak Gelar Uji Kompetensi Ratusan Alumni SMK

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 103 orang alumni Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengikuti bimbingan teknis dan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi angkatan muda.

"Hari ini adalah hari terakhir uji kompetensi sertifikasi SKKNI dibidang Teknologi Informatika Komputer (TIK) yang sudah dimulai pada hari sebelumnya, Kamis (16/2) di SMK Kandis," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak Kadri Yafis melalui  Kepala Bidang SMP Zul Ikram di Siak, Jumat.

Dia mengatakan, kegiatan yang berlangsung dari Selasa hingga Jumat, atau 13-17 Februari 2017 dibagi dalam dua sesi. dua hari pertama untuk Bimtek yang dilaksanakan di hotel Mutiara Kandis, Siak. Dua hari selanjutnya untuk uji kompetensi untuk sertifikasi.

Dia katakan, kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia dibidang teknologi informasi dan komunikasi bagi lulusan SMK di kabupaten Siak agar siap secara keterampilan dan mental untuk memasuki dunia kerja.

"Program sertifikasi SKKNI ini adalah kerjasama Pemda Siak dengan Kementerian Kominfo melalui Balitbang Kominfo Medan. Seharusnya ini dilaksanakan 2016, namun karena terkendala urusan pengalihan wewenang maka baru terlaksana tahun ini," ungkap Zul.

Dia menyebutkan, peserta yang berhasil lulus akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta dan berlaku selama dua tahun. Itu bisa menjadi salah satu modal mereka untuk persiapan bersaing secara global. Apalagi saat ini sudah berlaku Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dia terangkan, sebelumnya pada 2015 ada juga sebanyak 46 lulusan SMK yang mengikuti kegiatan yang sama, 42 orang diantaranya dinyatakan lulus dan menerima sertifikasi SKKNI dari BNSP. Kini mereka sudah bekerja di beberapa perusahaan ternama.

"Sertifikasi itu sebagai modal untuk bersaing di dunia kerja dengan kawasan MEA. Sehingga tidak hanya berpeluang bekerja di perusahaan berkelas dalam negeri tetapi se-kawasan ASEAN," sebutnya.

Dia berharap, semua peserta yang mengikuti ujian bisa lulus 100 persen untuk mendapatkan sertifikasi SKKNI dari BNSP Jakarta itu, agar semakin banyak lulusan dari SMK Siak yang memiliki modal dan mampu bersaing di dunia kerja.

Oleh: Nella Marni

loading...