Gubri: Majukan Investasi Daerah Dengan Tingkatkan Daya Saing Masyarakat

id gubri majukan, investasi daerah, dengan tingkatkan, daya saing masyarakat

Gubri: Majukan Investasi Daerah Dengan Tingkatkan Daya Saing Masyarakat

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan rapat koordinasi dan sinkronisasi penyusunan program ketenagakerjaan tahun 2018 dapat bersinergi dengan upaya memajukan investasi di wilayah Riau.

"Rakornis ini diharapkan ada program untuk meningkatkan daya saing masyarakat dalam menghadapi perkembangan dunia usaha dan mendorong lebih maju sektor investasi daerah," kata gubernur, Sabtu, ketika membuka rakor itu, di Kota Dumai.

Rakor diikuti kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi 12 kabupaten kota Provinsi Riau ini tujuannya untuk meningkatkan koordinasi provinsi dengan kabupaten kota dan pemerintah pusat.

Lewat Rakornis yang dihadiri perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI ini, juga diupayakan agar pemerintah mempercepat penyusunan program kerja di kabupaten kota.

Gubernur optimistis dengan pertumbuhan tinggi penduduk Riau dan perekonomian daerah ke depan akan semakin baik dan dapat mengembangkan sektor lain di luar migas dan perkebunan yang sudah maju.

"Kita perlu bersinergi dengan pemerintah pusat dan kabupaten kota agar program dan kebijakan nasional bisa diarahkan ke daerah dan mendapatkan standar kompetensi di bidang ketenagakerjaan," katanya.

Pemerintah Riau berharap agar ada pengembangan sektor tenaga kerja dengan penyediaan lembaga pendidikan bagi sumber daya manusia untuk penyeimbang tingginya tingkat pertumbuhan penduduk ataupun migrasi.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo menyambut baik pelaksanaan rakornis ini karena bisa saling berbagi dan merumuskan program kerja mendukung produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan jumlah manusia berkualitas.

Persoalan tenaga kerja yang kerap dihadapi daerah sejauh ini ialah jumlah pencari kerja besar dan tidak sebanding dengan penyediaan lapangan kerja, sehingga diperlukan upaya nyata dari pemerintah untuk mengatasi hal itu.

"Pemerintah Dumai mengapresiasi rakornis ini dan berharap dapat meningkatkan koordinasi dan pemahaman dalam menuju program pembangunan daerah, disamping juga ada solusi atas persoalan ketenagakerjaan yang dihadapi sejauh ini," kata wakil wali kota.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Rasidin Siregar menyebut rakornis ini mengambil tema pembangunan ketenagakerjaan dan transmigrasi untuk meningkatkan ekonomi melalui sinergitas provinsi dan kabupaten kota.

"Program akan dirumuskan dengan perencanaan yang baik menyesuaikan kondisi dalam rakornis ini, untuk mendukung kemajuan pembangunan dan perekonomian di daerah," sebut Rasidin.