Dirjen Otda Apresiasi Pelaksanaan Pilkada Kampar

id dirjen otda, apresiasi pelaksanaan, pilkada kampar

Dirjen Otda Apresiasi Pelaksanaan Pilkada Kampar

Bangkinang Kota (Antarariau.com) - Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Des Kementarian Dalam Negeri Sukoco memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pilkada di Kabupaten Kampar meskipun terdapat satu kasus di TPS 3 desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota pada saat pencoblosan 15/2 lalu.

Hal tersebut dikatakannya saat melihat langsung proses pemilihan ulang yang di laksanakan di TPS 3 Desa Kumantan kecamatan Bangkinang Kota.

Kamis, (16/2).

Ia menjelaskan meskipun terjadi satu kasus dimana ketua KPPS melakukan perwakilan terhadap pencoblosan 3 orang langsung yang mengatas namakan keluarganya yang berhalangan dalam pencoblosan, namun dapat kita lihat kasus ini dapat ditangani pihak terkait, baik itu KPU, Panwaslu dan Kepolisian dengan cepat tanpa mengganggu situasi ekstabilitas dan dapat memutuskan pemilihan ulang ini.

"Ini satu yang positif yang dapat kita cermati, selanjutnya walaupun pemilihan ulang ini dilaksanakan pada hari kerja namun antusias masyarakat dalam memilih cukup tinggi," ujar Sukoco.

Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi AP M.Si mengatakan dari pemilihan ulang ini rencana target partisipasi pemilih sebanyak 65 persen dan ternyata melebih target yakni mencapai 67 persen.

"Dengan demikian justru partisipasi pemilih lebih antusias dari pemilihan yang pertama dilaksanakan, untuk itu proses data rangkaian pencoblosan bisa kita sempurnakan dan bisa diserahkan KPPS ke PPS, selanjutnya Kecamatan Bangkinang Kota sudah bisa melakukan penghitungan pleno," tutur Syahrial Abdi.

Pj Bupati Kampar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Bangkinang Kota yang sudah menunjukkan bagaimana berdemokrasi, sudah sangat dewasa, bagaimana satu suara tersebut sangat berarti untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada aparatur kecamatan dan KPPS yang sudah menyelesaikan pemilihan ini dengan sempurna," lanjut Syahrial Abdi.

Saat usai penghitung suara yang juga dihadiri pemantau dari Kabid Kontra Intelejen Deputi Bidkoord, Pertahanan Negera Kemenko Polhukam Kolonel Pontjo Wasono K, ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri S.Ag, Asisten I Provinsi Riau Ahmadsyah Harroefie, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata S.Ik, Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi Prastio yang dilaksanakan oleh KPPS di TPS 3 Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota terhitung partisipasi masyarakat dalam menentukan hak suaranya berjumlah 346 dengan rincian suara sah 345 dan suara tidak sah 1.

Dalam penghitungan suara urutan paslon 1 : 1 (satu) suara, paslon 2 : 46 (empat puluh enam) suara, paslon 3 : 243 (dua ratus empat puluh tiga) suara, paslon 4 : 2 (dua) suara, paslon 5 : 53 (lima puluh tiga) suara. (ADV)