Lima Unit Hawk Pekanbaru Gelar Latihan Tempur Gunakan Rudal "Maveric"

id lima unit, hawk pekanbaru, gelar latihan, tempur gunakan, rudal maveric

Lima Unit Hawk Pekanbaru Gelar Latihan Tempur Gunakan Rudal "Maveric"

Pekanbaru (Antarariau.com) - Lima unit jet tempur jenis Hawk 100/200 dari Skuadron Udara 12 "Black Panther" Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau menggelar latihan tempur menggunakan rudal pintar "Maveric".

Komandan Skuadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Pnb Dedy Suprianto di Pekanbaru, Minggu, menjelaskan latihan tempur tersebut dilakukan di Lanud Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

"Tujuan utama latihan ini adalah meningkatkan kesiapsiagaan serta kemampuan penerbang dalam melaksanakan operasi penerbangan menggunakan rudal Maverick," kata Letkol Pnb Dedy.

Ia menjelaskan terdapat 61 personel terdiri dari penerbang, teknisi dan pendukung yang terlibat dalam latihan tersebut.

Sementara itu, latihan uang juga akan melibatkan dua pesawat Hercules TNI AU itu dijadwalkan akan berlangsung hingga 24 Februari 2017 mendatang.

"Diharapkan dengan latihan ini, dapat mendukung tugas TNI AU dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Sebelum melepas keberangkatan Skuadron Udara 12, Danwing Udara 6 Kolonel Pnb Radar Soeharsono menyampaikan pesan Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi agar seluruh personel yang terlibat dalam latihan untuk selalu mengutamakan faktor keselamatan serta keamanan.

"Sehingga latihan dapat terlaksana dengan baik, aman, lancar dan tanpa kendala hingga nantinya kembali ke pangkalan," ujar Kolonel Pnb Suharsono.

Sebelum keberangkatan lima jet tempur Hawk 100/200 ini, sehari sebelumnya atau Sabtu (18/2), lima pesawat tempur F16 dari Skuadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin baru menyelesaikan misi patroli di kawasan perbatasan termasuk Selat Malaka sejak akhir Januari 2017 lalu.

Saat ini Lanud Roesmin Nurjadin memiliki dua skuadron pesawat tempur sejalan dengan peningkatan status Lanud tersebut dari Tipe B menjadi Tipe A pada Agustus 2015 lalu. Dua Skuadron itu adalah Skuadron Udara Hawk 100/200, Skuadron Udara F16 dan ditambah Skuadron pemeliharaan.