Perpustakaan Nasional Siap Bantu Pengembangan Pustaka Kuansing

id perpustakaan nasional, siap bantu, pengembangan pustaka kuansing

Perpustakaan Nasional Siap Bantu Pengembangan Pustaka Kuansing

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berjanji akan membantu dan memaksimalkan penguatan perpustakaan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau sehingga sejajar dengan daerah lain.

" Kami siap untuk membantu dan memberikan kontribusi secara optimal, agar perpustakaan di sini lebih baik," kata Sekretaris Utama (Sektama) Perpustakaan Nasional Dedi Junaedi MSi di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Rapat Koordinasi Perpustakaan dan Kearsipan se-Riau pada Senin (20/2) di Hotel Angela Teluk kuantan merupakan kebanggan semua pihak, ini merupakan langkah maju bagi tuan rumah yang baryu terbentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Sebagai daerah yang perpustakaannya baru tumbuh, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, salah satunya Kuansing mesti mendapatkan perhatian khusus dari semua pihak, baik pemerintahpusat maupun provinsi.

" Kepedulian untuk peningkatan menjadi program perioritas," sebutnya.

Perpustakaan Nasional akan mengambil peran untuk membantu, misalnya dengan menambah ketersediaan buku, mobil Pustaka Keliling agar semua berjalan dengan baik sebagai program pencerdasan masyarakat hingga ke pelosok desa.

" Daerah harus membuat proposal bantuan," pintanya.

Pihaknya berharap seluruh kabupaten / kota selalu berkoordinasi dengan provinsi maupun perpustakaan nasional, sehingga keterbatasan yang dialami bisa dicarikan jalan keluarnya.

Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Kuantan Singingi (Kuansing) Azhar menyambut baik peluang yang disampaikan oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

" Kami akan segera membuatkan proposal bantuan tersebut sehingga dapat lebih cepat melayani masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, selama ini harapan masyarakat sangat tinggi adanya perpustakaan yang berstandar nasional, karena sudah sangat dibutuhkan untuk menunjang pencerdasan anak bangsa.