Satgas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Tujuh Hektare Lahan Di Siak

id satgas gabungan, berhasil padamkan, kebakaran tujuh, hektare lahan, di siak

Satgas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran Tujuh Hektare Lahan Di Siak

Siak (Antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menyatakan lahan seluas tujuh hektar yang terbakar di Kampung Tengah, Kecamatan Mempura pada Senin (20/2) telah berhasil dipadamkan oleh tim pemadam gabungan.

"Lahan yang terbakar pada Senin kemarin telah berhasil dipadamkan. Lima hektar diantara kebun sawit dan selebihnya semak belukar," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Damkar BPBD Siak Irwan Priyatna di Siak, Selasa.

Dia mengatakan tim gabungan yang terdiri dari BPBD Siak, Manggala Agni Siak, Masyarakat Peduli Api, TNI, Polri telah berjibaku memadamkan sejak Senin.

Masyarakat yang lahannya terbakar juga turut membantu pemadaman.

ia mengatakan satu helikopter milik Sinarmas Group juga diturunkan untuk pemadaman dari udara.

"Tadi pagi petugas juga sudah mengecek kembali ke Mempura, untuk memastikan api, sekaligus melanjutkan pengeboman air untuk pendinginan," katanya.

Dia juga menyatakan, untuk tiga titik api di Siak yang terpantau dari satelit oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika hari ini (21/2) sudah dipastikan tidak ada kebakaran lahan.

"Untuk titik api yang terpantau hari ini tidak ada kebakaran lahan, hanya yang di Mempura kemarin itu dan sudah berhasil dipadamkan," jelasnya.

Terkait untuk penetapan status siaga Karhutla di Siak, ia menanggapi perlu pengkajian lebih lanjut sebelum menetapkannya layaknya beberapa kabupaten/kota di provinsi Riau.