Sambang Pedagang kue Tradisional, Ini Yang Dilakukan Wabup Kuansing

id sambang pedagang, kue tradisional, ini yang, dilakukan wabup kuansing

Sambang Pedagang kue Tradisional, Ini Yang Dilakukan Wabup Kuansing

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Wakil Bupati Kuantan Singingi, Provinsi Riau Halim menyambangi sejumlah pedagang makanan khas daerah setempat serta mengapresiasi hasil kerajinan dan produksi kue masyarakat yang bernilai tinggi.

"Wakil Bupati sempat membeli sejumlah kue khas Kuansing," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Daerah Kuansing Dasmuri Putra di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, setelah Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017 digelar di Kecamatan Benai, rombongan Wakil Bupati langsung melihat sejumlah dagangan warga setempat mulai dari kue khas, hasil pertanian berupa cabai, bawang, kerupuk maupun madu yang terkenal sangat berkualitas.

Bazar yang digelar dalam memeriahkan Musrenbang sangat menyita perhatian sejumlah pejabat Pemkab Kuansing, bahkan Wakil Bupati Halim merespon positif dan mendukung aktivitas masyarakat untuk terus menggalakkan aktivitas pertanian maupun kerajinan warga memproduksi berbagai makanan khas.

"Ini peluang bagi pelaku usaha untuk berkembang," katanya.

Halim yang membuka Musrenbang di Kecamatan Benai meninjau bazar di samping gedung serba guna Kecamatan Benai yang dipadati pedagang.

"Bazar yang menampilkan produk usaha kegiatan masyarakat (UKM) seperti cabai merah keriting, kerupuk sagu, kue kering, air niro dan juga madu sialang serta batu akik, sangat berpotensi meningkatkan pendapatan keluar," ujar Wabup.

Menurut Wabup, masyarakat Benai mempunyai potensi pengembangan produk UKM yang mempunyai nilai tambah ekonomi bagi masyarakat dan daerah. Jika dikelola dengan optimal bakal diminati luar kota Kuansing.

"Buktinya masyarakat mempunyai produk-produk yang mempunyai nilai jual dan dapat dipasarkan di outlet-outlet maupun swalayan," sebutnya.

Untuk itu, Wabup minta kepada kepala badan dan kepala dinas terkait agar dicatat dan ditindaklanjuti sehingga ke depannya kendala yang menghambat perkembangan usaha ini dapat teratasi dan harapan petani dapat tercapai.

"Jadi dari sinilah nanti awalnya yang akan dapat mendongkrak perkembangan perekonomian daerah," katanya.

Sementara itu, Camat Benai, Yuhendra menyebutkan, pihak kecamatan akan selalu mendukung kegiatan masyarakat yang berorientasi bagi pengembangan perekonomian kesejahteraan dan pembangunan daerah karena semua itu bernilai ekonomi bagi warga.

"Kami berharap ke depannya Kecamatan Benai ini akan mempunyai produk unggulan yang akan menjadi barometer bagi daerah lain," ujarnya.

Benai merupakan wilayah pengembangan, lalu lintas yang ramai, hingga saat ini masyarakat terkenal ramah, santun dan keinginan maju sangat tinggi sehingga hal itu salah satu faktor penunjang untuk kegiatan bisnis. (ADV)