Lima Paslon Pilkada, Hanya Firdaus-Ayat Yang Hadiri Rekapitulasi Suara

id lima paslon, pilkada hanya, firdaus-ayat yang, hadiri rekapitulasi suara

Lima Paslon Pilkada, Hanya Firdaus-Ayat Yang Hadiri Rekapitulasi Suara

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pleno rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 terlihat sepi, karena dari 200 tamu yang diharapkan hadir hanya separuhnya saja yang tiba.

"Seluruh pasangan calon kami undang, saksi masing-masing juga, semua sudah kita undang tetapi ada yang tidak hadir," kata Ketua KPU Pekanbaru, Amiruddin Sijaya di Pekanbaru, Rabu.

Amiruddin Sijaya mengemukakan saat ini tahapan rekapitulasi perolehan suara oleh masing-masing pasangan calon (Paslon) tetap berjalan.

"Pleno ini untuk mencocokkan penghitungan suara versi PPK dan KPU," tambahnya.

Disisi lain Komisioner KPU Mai Andri menambahkan pleno krum dilakukan setelah kehadiran sekretariat KPU, saksi, dan Panwas.

"Undangan tidak hadir dak masalah yang penting tiga diatas ada, lagipula kalau kita mengundang orang tidak bisa hadir mau apa," katanya menambahkan.

Ditanya tentang empat Paslon lainnya yang tidak hadir, dan hanya dihadiri satu saja yakni petahana Firdaus-Ayat Cahyadi ia menjelaskan tidak mempengaruhi.

"Kami undang semua lima Paslon," tegasnya singkat.

Sebelumnya diberitakan sejumlah 209 personil Kepolisian Resor Kota Pekanbaru mengamankan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah setempat di Hotel Arya Duta, Rabu (22/2).

"Pleno kita lakukan pengamanan proses kegiatan tersebut 179 personil. Ditambah 60 personil yang bolak-balik mengamankan kotak suara," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan pola pengamanannya dibagi menjadi tiga yakni Ring 1 di dalam, Ring 2 di luar, dan Ring 3 paling luar. Sedangkan 60 personil amankan kotak suara mulai perjalanannya dari Kantor Komisi Pemiluhan Umum Kota Pekanbaru maupun ketika pemindahan-pemindahan kotak suara saat pleno.

Terkait akses masuk pihaknya menyiapkan "metal detector" dan memberikan akses masuk pada undangan maupun yang punya tanda nama yang ditentukan KPU Pekanbaru.

Pantauan antara dilapangan pleno rekapitulasi suara di Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru di Aula Hotel Aryaduta berlangsung sepi dan kondusif dari dua ratusan kursi tamu undangan hanya sedikit yang terisi alias banyak kosong.

Bukan hanya itu empat pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru tidak hadir atau mangkir pleno hingga pembacaan selesai sore hari.

Hanya paslon Firdaus - Ayat Cahyadi saja yang menghadiri rekapitulasi suara KPU.

Firdaus dengan batik coklat bersama Ayat Cahyadi yang mengenakan peci sudah duduk di depan. Sementara kursi yang disediakan untuk paslon lainnya kosong.

Mereka yang tidak Hadir antara lain Dr Sahril-Said Zohrin, Herman Nazar-Defi Warman, Ramli Walid-Irvan Herman, dan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah.