Bupati Siak Perintahkan Babat Habis Pungli Sampai Ke Akar

id bupati siak, perintahkan babat, habis pungli, sampai ke akar

Bupati Siak Perintahkan Babat Habis Pungli Sampai Ke Akar

Siak (Antarariau.com) - Bupati Siak Syamsuar mengintruksikan kepada tim sapu bersih pungutan liar untuk menangkap siapa saja yang tertangkap tangan terlibat melakukan Pungli diwilayahnya karena sangat menyusahkan dan merugikan rakyat.

"Sebelum dikukuhkan tim saber pungli pada 30 Januari lalu, saya juga sudah membuat surat edaran keseluruhan SKPD hingga kelurahan untuk jangan sesekali melakukan perbuatan itu," kata Bupati Siak Syamsuar menanggapi tertangkapnya empat pegawai honorer Dishub Siak oleh tim Saber Pungli, di Siak, Rabu.

Katanya, ia sudah dengan tegas dan jelas memerintahkan seluruh jajaran, bahkan hingga ke tingkat pelayanan mendasar di kelurahan, untuk benar-benar menjauhkan diri dari sikap-sikap menyusahkan rakyat. Sanksi tegas hingga pemecatan akan diberikan bilamana ada oknum di jajaran Pemkab masih nekat bermain seperti itu.

"Arahan saya pada seluruh jajaran, baik PNS ataupun honorer, sudah sangat jelas. Peringatan bahkan surat edaran terkait pungli, sudah dikeluarkan jauh sebelum gerakan nasional basmi Pungli. Kami sudah mewanti-wanti pada mereka," ketusnya.

Padahal lanjut Syamsuar, sebelum ada tim saber pungli, di jembatan Perawang juga sudah pernah ditangkap petugas dengan kasus yang sama pada tahun 2016. Tampaknya kejadian itu tidak menjadi pelajaran atau dasar manusianya saja yang "degil" atau nakal Itulah akibatnya

Dia juga meminta tim saber pungli harus menjaring semua yang kedapatan tertangkap tangan. Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut aktif mengawal, dan melaporkan oknum-oknum yang masih mempermainkan aturan dan merugikan kepentingan publik.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada tim Saber Pungli, yang sudah melakukan penindakan tegas pada oknum yang berbuat tidak baik ini. Serta mempercayakan proses selanjutnya ke penegak hukum," ungkapnya.

Dia berharap, tindakan tegas ini bisa memberikan efek jera pada oknum-oknum yang suka bermain dan tidak terulang lagi kedepannya.

Untuk memberantas pungli di ranah pelayanan publik, pihaknya membuka pintu komunikasi seluas-luasnya, masyarakat ataupun media bisa melaporkan padanya langsung bila menemukan atau mendapati oknum yang bermain-main dalam urusan pelayanan publik.

"Bilamana ditemukan ada kejadian serupa di sekitar anda. Handphone pribadi saya selalu aktif, dan jangan takut melaporkannya," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, keempat honorer Dishub Siak tertangkap melakukan pungli saat bertugas di pos jaga jembatan Sultan Syarif Hasyim atau jembatan Perawang pada Selasa dini hari (21/2) pukul 00.05 WIB.

Oleh: Nella Marni