Pekanbaru Didaulat Sebagai Pembuka "Roadshow" Pameran Gebyar Produk Unggulan Nusantara

id pekanbaru didaulat sebagai pembuka roadshow pameran gebyar produk unggulan nusantara

Pekanbaru (Antara) - Pameran Gebyar Produk Unggulan Nusantara 2017 yang digelar di Mall SKA Pekanbaru, sebut Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi Riau merupakan salah satu cara untuk mempromosikan destinasi pariwisata serta industri UKM dari beberapa kabupaten/kota di Indonesia serta menjalin kerjasama antar provinsi.

"Acara ini merupakan langkah bagus untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama, serta bisa dijadikan bentuk pembelajaran oleh UKM yang ada di Riau sehingga mereka terpacu untuk meningkatkan kualitas produk mereka," ujar Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi Riau M.Suib di Pekanbaru, Rabu.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Panitia Januarsyah Basuki juga menyebutkan bahwa pameran ini bisa dijadikan salah satu ajang unjuk kebolehan dan kreatifitas, serta bisa dijadikan wadah untuk berbagi informasi antar UKM. Sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

"Pekanbaru merupakan kota pertama dalam roadshow kita memperkenalkan pariwisata dan industri UKM ini, sebelum nantinya ke Palembang, Lampung, Mataram, Bandung, dan Bogor," ujarnya.

Pameran Gebyar Produk Unggulan Nusantara ini diikuti oleh 53 stand dari 10 kabupaten/kota se-Indonesia, dan melibatkan seluruh dinas pariwisata serta sektor-sektor terkait lainnya.

Salah seorang peserta, I Wayan Pika Wiadnya yang mempromosikan Kabupaten Karangasem Bali Timur menyebutkan bahwa acara ini dapat menjadi salah satu agenda tahunan yang positif dan sekaligus menjadi media promosi yang menarik.

"Menarik karena acara ini diadakannya di Mall yang memiliki pengunjung lebih banyak, sehingga informasi yang ingin kita sampaikan seperti segi pariwisata dan produk industri daerah kita bisa dikenal luas," ujarnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Aris yang membawa buah-buahan hasil petani dari Jawa Timur juga memberikan komentar positif dari acara tersebut.

"Acaranya bagus, kita juga sekalian promosi bahwa hasil perkebunan Jawa Timur memiliki kualitas yang bagus bahkan sampai diekspor ke Malaysia dan Singapura." jelasnya.

Acara ini digelar oleh Aaliyah Cipta Pradana yang bergerak dibidang jasa penyelenggara pameran bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kota/Kabupaten dalam rangka Travel Fair & Expo 2017 di berbagai daerah dan digelar di Pekanbaru dari tanggal 22-26 Februari 2017.

Oleh: Gebby Fadhila Sari