Setelah 20 Tahun Kepergiannya, Koleksi Gaun Putri Diana Akhirnya Dipamerkan

id setelah 20 tahun kepergiannya koleksi gaun putri diana akhirnya dipamerkan

Setelah 20 Tahun Kepergiannya, Koleksi Gaun Putri Diana Akhirnya Dipamerkan

Jakarta (Antarariau.com) - Gaun-gaun yang dikenakan oleh Putri Diana dalam berbagai acara, mulai dari pertemuan dengan diplomat hingga menari dengan bintang film dihadirkan dalam pameran untuk mengenang salah satu bangsawan favorit Inggris tersebut, yang dibuka di London pekan ini.

Sebanyak 25 koleksi gaun akan ditampilkan mulai hari Jumat hingga akhir tahun di Kensington Palace, di mana dia tinggal selama lebih dari 15 tahun. Pameran tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-20 kematiannya.

Pameran tersebut diantaranya menampilkan gaun beludru tinta biru yang dikenakan Diana saat dia menari dengan aktor John Travolta di Gedung Putih pada 1985, serta gaun "Elvis"-nya yang berkerah tinggi dan bertahtakan mutiara.

Koleksi gaun tersebut juga menunjukkan "pemahaman Diana tentang bagaimana menggunakan mode sebagai alat diplomasi," ujar penyelenggara, diantaranya salah satu gaun yang menggabungkan burung nasional Saudia Arabia, elang.

"Pameran kami mengeksplorasi kisah tentang seorang wanita muda yang harus cepat mempelajari aturan kerajaan dan pakaian diplomatik, yang di dalam prosesnya menempatkan dirinya sebagai sorotan industri mode dan desainer Inggris," kata Eleri Lynn, kurator "Diana: Her Fashion Story".

Diana, ibu Pangeran William dan Harry, menikah dengan pewaris tahta Pangeran Charles pada tahun 1981 hingga 1996 saat pasangan tersebut bercerai.

Dia meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997, demikian Reuters.