Sambangi Inhil, Kepala BRG RI Bertekad Kembangkan Lahan Gambut Setempat

id sambangi inhil, kepala brg, ri bertekad, kembangkan lahan, gambut setempat

Sambangi Inhil, Kepala BRG RI Bertekad Kembangkan Lahan Gambut Setempat

Tembilahan (Antarariau.com) - Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia Nazir Foead bertekad akan mengembangkan lahan gambut di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau dengan melakukan pemetaan pada lahan di daerah Kabupaten setempat.

"Kepala BRG RI datang untuk melihat lansung bagaimana mempertahankan dan pengembangan kondisi gambut yang ada di Inhil karena lebih 97 persen areal di Inhil terdiri dari lahan gambut," kata Bupati Inhil Muhammad Wardan di Tembilahan, Kamis.

Kedatangan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) RI Nazir Foead di dampingi Deputi IV BRG Dr Haris Gunawan, Kelompok Ahli BRG Prof Ashaluddin Jalil, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Riau, tiga personel Gakkum KLHK dan anggota BRG lainnya disambut langsung oleh Bupati Inhil Muhammad Wardan.

Bupati Wardan menyampaikan, merasa bangga atas kunjungan Kepala BRG RI dalam rangka melakukan survey dengan melihat langsung tata ekologi gambut yang ada.

Dikatakannya, Pemkab Inhil juga sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Riau dengan melakukan pemetaan terhadap kawasan yang sudah tertanam.

Sementara itu, Kepala BRG Nazir Foead menyebutkan, Inhil merupakan kabupaten yang istimewa karena kawasan gambutnya mencapai 97 persen dari luas kabupaten.

"Tentu dengan lahan gambut yang luas ini harus dijaga dan juga lahan gambut yang bisa dibudidayakan dengan dukungan kearifan lokal masyarakat Inhil dengan dukungan Pemkab Inhil yang telah melakukan budidaya gambut dengan sangat baik," ujarnya.

Maka dari itu, dalam waktu dekat ini dengan program Tim, BRG akan menurunkan tenaga ahli untuk melakukan pemetaan. Dengan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kabupaten Inhil dalam menjaga ekologi gambut yang ada. (ADV)

Oleh: Adriah AKil